Pengawasan harga jelang Ramadhan di Barsel diperketat

id disperindagkop barsel,harga kebutuhan pokok

Pengawasan harga jelang Ramadhan di Barsel diperketat

Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan, Junaidi. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah memperketat pengawasan terhadap ketersediaan dan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah pertengahan Mei 2018.

"Petugas kami melaksanakan aksi turun kelapangan untuk memantau, dan mengawasi ketersediaan dan kondisi harga bahan pokok yang kemungkinan akan mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan," kata Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Barsel, Junaidi di Buntok, Senin.

Menurut dia, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga akan mengawasi, dan memantau distribusi bahan pokok dari agen-agen, distributor yang ada sejumlah desa, dan kecamatan di daerah ini.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada ritel-ritel, distributor, dan agen supaya sesegera mungkin menyiapkan bahan pokok menjelang bulan puasa, dan Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Karena lanjut dia, berdasarkan data dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia bahwa stok bahan pokok mencukupi selama tiga bulan kedepan.

Ia menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan, dan pemantauan terhadap ritel-ritel, agen, dan distributor yang telah ditunjuk Kementrian Perdagangan Republik Indonesia tersebut.

"Sebab, di wilayah Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan sudah ada agen, ritel, dan distributor yang ditunjuk oleh Kementrian Perdagangan, khususnya yang berkaitan dengan bahan pangan, seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging ayam, daging sapi, cabe, bawang merah, bawang putih, " tambah dia.

Bahan pokok tersebutlah kata dia, yang akan terus diawasi ketersediaannya, karena menurut Kementrian Perdagangan, hal tersebut sudah diantisipasi sejak jauh-jauh hari, dan ketersediaannya akan mencukupi untuk tiga bulan ke depan.

"Dalam waktu dekat ini kita akan berkoordinasi dengan tim inflasi pemerintah daerah, dan satgas pangan untuk melakukan pemantauan, dan pengawasan terkait hal itu," ucap Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan, Junaidi.