KPP Kalteng berupaya meningkatkan partisipasi pemilih perempuan

id kaukus perempuan parlemen kalteng,Andina Theresia Narang,DPRD Kalteng,pilkada di kalteng

KPP Kalteng berupaya meningkatkan partisipasi pemilih perempuan

Pimpinan dan anggota Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Kalteng saat mengikuti konsolidasi Nasional di Jakartam, belum lama ini. (Istimewa)

Kita memang berencana menyelenggarakan seminar nasional sebelum hari Raya Idul Fitri tahun 2018. Dalam seminar tersebut, para siswa, mahasiswa maupun perwakilan organisasi perempuan akan diundang untuk menghadirinya
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kalimantan Tengah akan terlibat aktif mengupayakan agar partisipasi pemilih pemula, khususnya perempuan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2018 yang akan dilaksanakan serentak di 11 Kabupaten/kota se-Kalteng.

Salah satu upaya meningkatkan partisipasi tersebut dengan mengumpulkan pemilih pemula perempuan dari sejumlah sekolah maupun Perguruan Tinggi yang ada di provinsi ini, kata Ketua KPP DPRD Kalteng Andina Theresia Narang, di Palangka Raya, Kamis.

"Kita memang berencana menyelenggarakan seminar nasional sebelum hari Raya Idul Fitri tahun 2018. Dalam seminar tersebut, para siswa, mahasiswa maupun perwakilan organisasi perempuan akan diundang untuk menghadirinya," ucapnya.

Dalam seminar yang akan diselenggarakan tersebut, perwakilan KPP DPR RI akan dihadirkan untuk memberikan pemahaman kepada para pemilih perempuan Kalteng ini betapa pentingnya terlibat dan berpartisipasi di bidang politik, khususnya di Pilkada.

Dia membenarkan bahwa sekarang ini perempuan telah banyak yang ikut dan terlibat aktif di politik lokal maupun nasional. Namun, upaya mendorong perempuan, khususnya pemilih pemula, untuk ikut dan terlibat di politik harus tetap dilakukan.

"Ini lah yang mendasari kami menggelar seminar nasional dengan mengumpulkan para pemilih pemula perempuan, termasuk organisasi perempuan yang ada di Kalteng ini," beber Andina.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Gunung Mas ini menyebut, pihaknya juga akan ikut serta terlibat melakukan pengawasan terhadap Lembaga/Aparatur Penegak Hukum.

Dia mengatakan langkah itu dilakukan KPP DPRD Kalteng sebagai upaya mengimplementasikan seminar nasional yang pernah diselenggarakan Komisi Yudisial RI beberapa waktu lalu.

"Inti dari kegiatan itu inti bagaimana peranan wanita diberbagai lembaga, seperti Kejaksaan Tinggi, Ombudsman dan lain-lain agar bisa diterapkan di Provinsi maupun Kabupaten masing-masing," kata Andina.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar