Harga daging sapi dan ayam di Buntok naik

id daging sapi, daging ayam,pasar buntok

Ilustrasi, Penjual daging sapi. (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Buntok, Kalteng 16/5 (Antara) - Harga daging sapi di Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengalami kenaikan menjelang bulan suci Ramadhan ini.

"Harga daging sapi mengalami kenaikan dari Rp145 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogramnya," kata Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Barito Selatan, Junaidi, di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, kenaikan harga daging sapi pada Pasar Beringin Buntok tersebut terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain harga daging sapi, harga daging ayam juga mengalami kenaikan antara Rp3 ribu hingga Rp5 ribu dari Rp35 ribu menjadi Rp38 hingga Rp40 ribu per kilogramnya, dan untuk harga daging ayam kampung masih juga mengalami kenaikan dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu per kilogramnya.

Sedangkan harga telur ayam kampung bertahan Rp2 ribu per butirnya, harga telur itik Rp2.500 per butirnya, dan telur ayam ras mengalami kenaikan dari Rp1.500 menjadi Rp1.800 per butirnya.

"Untuk harga bawang merah juga masih tetap bertahan, dan untuk harga kualitas bagus Rp40 ribu per kilogramnya, dan kualitasnya kurang bagus Rp38 ribu per kilogramnya, dan untuk bawang putih Rp28 ribu per kilogramnya," tambah Junaidi.

Sementara harga gula kemasan bertahan Rp15 ribu, dan gula lokal Rp12 ribu per kilogramnya, harga minyak goreng juga kemasan bertahan Rp15 ribu per liter, minyak goreng tanpa merk Rp12 ribu per liternya.

"Tepung terigu rata-rata masih bertahan, dan harga cabe, sebagian jenis cabe ada mengalami kenaikan, dan sebagian mengalami penurunan seperti harga cabe keriting dari Rp50 ribu turun menjadi Rp40 ribu, sedangkan cabe biasa turun dari Rp45 ribu turun menjadi Rp35 ribu/kgnya," ujarnya.

Ia menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga barang strategis, dan bahan pokok dalam setiap minggunya, dan laporannya akan disampaikan kepada pihak Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

"Kita akan melakukan stabilisasi harga bekerja sama dengan Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Buntok menjelang Lebaran, karena biasanya harga bahan pokok akan mengalami kenaikan menjelang lebaran," kata Junaidi.

Selain itu lanjut dia,pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan pasar murah disejumlah Desa di wilayah setempat dengan menyiapkan 1000 paket sembako bagi warga kurang mampu merayakan Idul Fitri.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar