Jumlah pencari kerja di Barsel 4.267 orang

id pencari kerja, disnakertrans barsel

Jumlah pencari kerja di Barsel 4.267 orang

Ilustrasi. (iraqenergy.org)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Jumlah pencari kerja yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Barito Selatan, Kalimantan Tengah sebanyak 4.267 orang.

"Jumlah tersebut tercatat dari 2017 hingga April 2018," kata Kabid Pelatihan Kerja, dan penempatan tenaga kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Barito Selatan, Sahuri, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, jumlah pencari kerja yang tercatat sebanyak 3.734 orang yang terdiri dari 2.870 laki-laki, dan 864 orang perempuan.

"Sedangkan jumlah tenaga kerja yang tercatat dari Januari hingga April 2018 ini sebanyak 533 orang," ucap dia.

Ia mengatakan, data tersebut berdasarkan masyarakat yang mengurus AK1 atau kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Barito Selatan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh perusahaan yang berinvestasi di Barito Selatan agar melaporkan kepada pihaknya apabila ada lowongan pekerjaan.

"Hal tersebut sesuai dengan keputusan presiden (Keppres Nomor 4/1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan," jelasnya.

Karena lanjut dia, pada pasal 2 Keppres tersebut menjelaskan bahwa setiap perusahaan wajib melaporkan secara tertulis ke instansi terkait apabila ada lowongan pekerjaan.

Ia mengatakan, pihaknya setiap tahun selalu melakukan sosialisasi, dan mengimbau setiap perusahaan agar melaporkan apabila ada penerimaan karyawan.