Wabup Barsel: kepariwisataan miliki fungsi strategis

id wisata barsel,wabup barsel

Wabup Barsel: kepariwisataan miliki fungsi strategis

Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir (Foto Antara Kalteng/Bayu Imiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Satya Titiek Atyani Djoedir mengatakan, kepariwisataan merupakan suatu kegiatan yang memiliki fungsi strategis.

"Kepariwisataan juga bersifat multidimensional serta melibatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat," katanya di Buntok, Kamis.

Menurut dia, kegiatan ini berfungsi sebagai penggerak seluruh potensi yang dimiliki daerah, dan menjadi pemicu pengembangan kegiatan lain yang memerlukan penanganan secara terpadu.

Oleh sebab itu lanjut dia, pemerintah kabupaten bertugas menyelenggarakan pembinaan, dan pemberdayaan terhadap usaha pariwisata, maupun promosi pariwisata daerah.

"Hal itu untuk ketertiban penyelenggaraan kegiatan kepariwisataan," ucap Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir.

Sejalan dengan semangat otonomi daerah yang memberikan kewenangan kepada kabupaten dibidang kepariwisataan, khususnya pembinaan, dan pengaturan kegiatan usaha pariwisata, promosi, dan kegiatan kepariwisataan lainnya.

"Bagi pengusaha, dan penyedia informasi pariwisata perlu dilakukan pendaftaran terhadap usaha pariwisata," ujarnya.

Untuk itu, demi kelancaran pelaksanaan pendaftaran usaha pariwisata, maka pihaknya telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

"Ini dilakukan dalam upaya pembinaan sekaligus pengawasan terhadap objek wisata yang dikelola pihak swasta maupun masyarakat," kata dia.

Hal tersebut agar betul-betul memiliki landasan yuridis yg kuat, dan pembinaan yang kita lakukan lebih bersifat administratif untuk kepastian hukum mereka dalam berusaha.

"Termasuk didalam raperda tersebut diatur terkait kewajiban, dan hal-hal yang perlu dihindari," ucap Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir.