Puluhan remaja Palangka Raya antusias ikuti Pekan Tilawatil Quran

id PTQ RRI,wakil wali kota palangka raya,al quran

Puluhan remaja Palangka Raya antusias ikuti Pekan Tilawatil Quran

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio membuka kegiatan Pekan Tilawatil Quran yang diselenggarakan LPP RRI Kota setempat, Jumat (18/5/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Puluhan remaja di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah antusias mengikuti Pekan Tilawatil Qur'an yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) yang dipusatkan di kantor RRI setempat.

"Saya berharap momentum seperti ini dapat ditingkatkan, karena acara ini diselenggarakan bertepatan pada bulan Ramadhan maka ini menjadi momentum remaja kita untuk mempertebal iman dan memaknai arti-arti ayat-ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan," kata Wakil Wlai Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio usai membuka kegiatan tersebut, Jumat. 

Mofit menegaskan, kegiatan positif ini tentunya dapat dicontoh para remaja lainnya, sebab Pekan Tilawatil Qur'an yang digelar panitia disiarkan secara langsung melalui radio sesuai channel LPP RRI yang sudah disediakan. 

"Kegiatan itu sudah berjalan sangat baik, apalagi setiap tahunnya diperlombakan, dan peningkatan jumlah pesertanya juga meningkat dibandingkan tahun lalu," ucapnya. 

Di lain pihak, Kepala LPP RRI Kota Palangka Raya Edyi Ivan dalam sambutannya mengatakan, dari 35 peserta yang akan berkompetisi untuk memperebutkan juara terbaik pertama, panitia akan mengambil satu terbaik dari tiga cabang, untuk diikutsertakan dalam Pekan Tilawatil Quran tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. 

"Kami berharap peserta yang akan kami kirim untuk mewakili LPP RRI Kota Palangka Raya di Sumenep, bisa memberikan yang terbaik untuk daerah. Karena selama pada tahun sebelumnya kami berhasil menduduki juara ketiga terbaik nasional dalam Pekan Tilawatil Quran tingkat nasional tersebut," katanya. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, peserta mendaftar kebanyakan berasal dari Kota Palangka Raya dan beberapa kabupaten di Kalteng itu, sepertinya sudah tidak siap tampil dalam ajang PTQ tahun 2018 ini. 

Mereka mengikuti kegiatan tersebut memiliki tujuan tertentu, selain menjadi yang terbaik, mereka juga ingin mensyiarkan agama Islam ke pelosok daerah yang ada di Provinsi Kalteng dengan siaran langsung yang sudah disediakan pihak LPP RRI setempat. 

"Dalam kegiatan ini kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di kota setempat, agar para qori dan qoriah kualitasnya lebih baik lagi dalam membaca Al Quran," tandas Ivan.