Pelayanan sering dikeluhkan, ini saran Dewan Pengawas kepada RSUD Murjani

id ini saran Dewan Pengawas kepada manajemen RSUD Murjani,Rumah Sakit,Abdul Hafid

Pelayanan sering dikeluhkan, ini saran Dewan Pengawas kepada RSUD Murjani

Anggota Dewan Pengawas RSUD dr Murjani Sampit, Abdul Hafid (kemeja merah) saat memantau aktivitas di rumah sakit tersebut, Jumat (18/5/2018). (Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Manajemen RSUD dr Murjani Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, diminta meningkatkan komunikasi ke dalam dan ke luar karena masih banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan.

"Seperti hari ini saya ke sini (rumah sakit) menindaklanjuti keluhan masyarakat. Setelah saya telusuri, ini permasalahannya adalah komunikasi yang tidak jalan dengan masyarakat," kata anggota Dewan Pengawas RSUD dr Murjani Sampit, Abdul Hafid di Sampit, Jumat.

Hafid sengaja ke rumah sakit menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait pelayanan. Salah satunya masalah lambannya pelayanan dokter sehingga pasien harus menunggu lama.

Hasil penelusuran, Hafid menilai kejadian itu karena kondisi keterbatasan jumlah dokter. Seperti dokter spesialis penyakit dalam, saat ini hanya dua orang dan saat kejadian yang dikeluhkan itu hanya satu orang yang sedang bertugas karena orang lainnya sedang tidak jadwal bertugas.

Satu orang dokter spesialis penyakit dalam saat itu, tentu membutuhkan waktu untuk melayani seluruh pasien secara bergantian. Namun seharusnya, kondisi tersebut harus diinformasikan kepada pasien sehingga pasien ada kepastian.

"Ini yang saya katakan itu pentingnya komunikasi yang baik. Seharusnya diinformasikan kepada pasien sehingga pasien dan keluarga pasien tahu dan bisa memahami karena itu memang karena kondisinya seperti itu," kata Hafid.

Kejadian ini harus menjadi perhatian serius manajemen rumah sakit agar tidak terus berulang. Kejadian-kejadian seperti ini sangat mungkin kembali terjadi jika tidak benar-benar ada perbaikan.

Kekurangan dokter spesialis juga harus segera dicarikan solusinya. Manajemen harus berusaha keras mendapatkan tambahan dokter, khususnya dokter spesialis penyakit dalam.

Dengan kondisi saat ini, Hafid menilai diperlukan tambahan dua dokter spesialis penyakit dalam. Jika tidak ada tambahan dokter, dikhawatirkan pelayanan menjadi kurang optimal, khususnya agar pasien tidak menunggu lama.

Apalagi saat ini RSUD dr Murjani Sampit sedang menargetkan akreditasi. Ada aturan-aturan yang harus dipenuhi, terkait jumlah petugas kesehatan, hingga waktu pelayanan dokter kepada setiap pasien.

"Pelayanan sangat penting. Gedung megah yang dibangun, akan kurang optimal jika pelayanan kurang bagus. Makanya harus dilakukan perbaikan secara serius karena pelayanan yang sangat dibutuhkan masyarakat," harap Hafid yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah.

Hafid meminta manajemen rumah sakit meningkatkan komunikasi internal. Selain itu, seluruh pegawai rumah sakit juga harus memperbaiki komunikasi dengan pasien dan keluarga pasien agar setiap warga yang datang ke rumah sakit merasa nyaman karena mendapat pelayanan yang terbaik.