Cegah hal negatif, kades dan lurah di Bartim diminta aktifkan siskamling

id aktifkan siskamling,dprd bartim,bartim,anggota dprd bartim Markati

Cegah hal negatif, kades dan lurah di Bartim diminta aktifkan siskamling

Anggota DPRD Bartim H Markati (kiri) saat memilih makanan berbuka puasa di Pasar Ramadhan Tamiang Layang. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Markati meminta Kepala Desa atau Lurah se-Kabupaten setempat bisa mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan yang ada di daerah itu.

"Kita harapkan seluruh desa atau lurah bisa mengaktifkan Siskamling di lingkungan masing-masing untuk mencegah adanya tindak kejahatan dari oknum yang tidak bertanggung jawab dan ingin merusak keamanan dan ketertiban masyarakat Barito Timur," kata Markati di Tamiang Layang, Sabtu.

Politikus asal PPP itu mengatakan, melihat kondisi keamanaan dewasa ini berkaitan pasca aksi terorisme, bulan puasa Ramadhan dan menghadapi Pilkada Bartim, maka siskamling sebagai kegiatan positif yang harus digalakkan.

Kegiatan siskamling bisa dengan pendataan warga terlebih dahulu diikuti dengan ronda malam secara bergantian oleh warga yang mana bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat bukanlah hanya tugas dari pihak kepolisian saja, namun dari masyarakat juga.

Markati menambahkan, siskamling juga mampu mencegah adanya pergaulan para remaja ke arah negatif. Mereka yang kerap nongkrong tidak jelas dapat terkontrol sehingga tidak sampai merugikan.

"Siskamling itu membantu kepolisian menjaga situasi keamanan lingkungan di masyarakat. Apalagi saat ini bulan puasa. Remaja yang tidak jelas begadang malam pun bisa terkontrol untuk tidak melakukan hal-hal negatif," ungkapnya. 

Markati yakin, melalui dana desa yang cukup besar telah mendorong dibangunnya pos ronda per rukun tetangga (RT) mampu merangsang untuk bersama-sama menjaga kondisi dan keamanan di lingkungannya masing-masing.

Menurutnya, dalam tiap memperingati hari besar keagamaan maupun Pilkada, rentan terjadi oknum yang mencari kesempatan bermaksud memecah belah persatuan dan kesatuan warga.

"Semua bisa diantisipasi dengan siskamling. Oleh karena itu, kami sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Bartim sangat mengharapkan sekali siskamling digalakkan guna mencegah hal-hal negatif baik pasca aksi teroris, selama bulan puasa ramadhan dan menghadapi Pilkada Bartim," katanya.