Tunggakan Rp9 miliar, PDAM Palangka Raya diminta kreatif cara penagihannya

id DPRD Palangka Raya,PDAM Palangka Raya,tagih tunggakan pelanggan,PDAM diminta kreatif tagih tunggakan,Alfian Batnakanti

Tunggakan Rp9 miliar, PDAM Palangka Raya diminta kreatif cara penagihannya

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sekretatis Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti meminta Perusahaan Daerah Air Minum (DPAM) kota setempat makin kreatif dalam menagih tunggakan pelanggan yang mencapai Rp9 miliar.

"Pelaksanaan oprasional PDAM sangat bergantung pada pembayaran pelanggan. Apabila pelanggan menunggak, akan mengganggu pelayanan. Saya minta PDAM memiliki ide kreatif melakukan penagihan tunggakan tersebut," kata Alfian di Palangka Raya, Senin.

Salah satu ide tersebut, seperti melakukan undian berhadiah bagi pelanggan taat membayar tagihan maupun mereka yang bersedia melunasi tunggakan pelayanan penyediaan air minum.

Di sisi lain, politikus Gerindra ini mengapresiasi upaya PDAM Palangka Raya menggandeng pihak perbankan dalam rangka memudahkan pelanggan membayarkan iuran.

"Namun, untuk terobosan pembayaran yang dikerjasamakan dengan perbankkan tersebut agar diperluas. Rencana menggandeng bank lain serta toko gerai modern untuk makin memperluas layanan pembayaran," katanya.

Alfian juga meminta PDAM Kota Palangka Raya mengoptimalkan kerja sama dengan kejaksaan dalam rangka mengoptimalkan penagihan terhadap tunggakan pelanggan.

Sebelumnya, PDAM Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Bank Mandiri meluncurkan program pembayaran tagihan secara daring atau "online".

"Dalam rangka mempermudah dan meningkatkan efektivitas pembayaran pelanggan, PDAM Palangka Raya bersama Bank Mandiri meluncurkan aplikasi pembayaran bernama Mandiri Online," kata Direktur PDAM Kota Palangka Raya Budi Harjono.

Selain menggunakan aplikasi tersebut, pelanggan PDAM juga dapat melakukan pembayaran melalui ATM Mandiri dan Mandiri Internet Bisnis.

"Saya berharap melalui layanan pembayaran tersebut pelanggan makin aktif melakukan pembayaran tagihan. Total tunggakan aktif yang mencapai Rp9 miliar juga dapat diturunkan," katanya.

Dalam waktu dekat, PDAM Kota Palangka Raya juga akan memperluas layanan pembayaran. Saat ini pihaknya juga tengah menjajaki kerja sama dengan sejumlah manajemen perbankkan dan gerai toko modern yang ada di kota setempat.