Harga daging ayam di Buntok terus alami kenaikan

id harga daging ayam di buntok naik,buntok,harga ayam,barito selatan

Harga daging ayam di Buntok terus alami kenaikan

Ilustrasi - Pedagang ayam potong. (Foto Jurnalis Warga)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Harga daging ayam di Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dalam beberapa hari terakhir ini terus mengalami kenaikan

"Harga daging ayam terus mengalami kenaikan dari Rp35 ribu mengalami kenaikan Rp40 ribu, dan kini sudah mencapai Rp45 ribu per kilogramnya," kata salah seorang pedagang di Pasar Sayur, dan ikan (SAIK) Buntok, Fitria, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, terus melonjaknya harga daging ayam ras ini terjadi semenjak beberapa hari terakhir ini.

Kenaikan harga tersebut karena harga beli ayam hidup dari distributor di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah naik sehingga pihaknya menaikan harga jual daging ayam ras dipasaran.

Pantauan Antara, selain harga daging ayam ras, harga daging ayam kampung juga mengalami kenaikan dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu/kilogramnya.

Begitu juga dengan harga daging sapi juga mengalami kenaikan dari Rp145 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogramnya.

Sedangkan harga telur ayam kampung bertahan Rp2 ribu/butirnya, harga telur itik Rp2.500/per butirnya, dan telur ayam ras mengalami kenaikan dari Rp1500 menjadi Rp1.800/butirnya.

Untuk harga bawang merah juga masih tetap bertahan, dan untuk harga kualitas bagus Rp40 ribu/kilogramnya, dan kualitasnya kurang bagus Rp 38 ribu/kilogramnya, dan untuk bawang putih Rp28 ribu/kilogramnya.

Sementara harga gula kemasan bertahan Rp15 ribu, dan gula lokal Rp12 ribu/kilogramnya, harga minyak goreng juga kemasan bertahan Rp 15 ribu/liter, minyak goreng tanpa merk Rp12 ribu/liternya.

Harga tepung terigu rata-rata masih bertahan, dan harga cabe, sebagian jenis cabe ada mengalami kenaikan, dan sebagian mengalami penurunan seperti harga cabe keriting dari Rp50 ribu turun menjadi Rp 40ribu, sedangkan cabe biasa turun dari Rp45 ribu turun menjadi Rp35 ribu/kg.Budi Suyanto