Rp725 juta dipersiapkan untuk bantu 18 masjid dan mushala Palangka Raya

id bantuan uang untuk masjid,18 masjid dan mushala di Palangka Raya dapat bantuan dari Pemkot,Kabang Kesra Pemkot Palangka Raya Abramsyah,masjid,Abramsya

Rp725 juta dipersiapkan untuk bantu 18 masjid dan mushala Palangka Raya

Kabag Kesra Pemerintah Kota Palangka Raya, Abramsyah. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, tengah menyiapkan penyaluran bantuan untuk 18 masjid dan mushala dengan total senilai Rp725 juta.

"Untuk tahun ini ada 18 masjid dan mushala yang akan dibantu pemerintah kota. Total bantuan Rp725 juta. Penyaluran sedang dalam proses yang mana nanti akan diserahkan secara simbolis dalam acara safari Ramadhan," kata Kabang Kesra Pemkot Palangka Raya Abramsyah di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, jumlah masing-masing bantuan berbeda antara tempat ibadah disesuaikan dengan kondisi dan keperluan.

Namun, besar jumlah bantuan berkisar antara Rp25 juta hingga Rp150 juta.

"Selain bantuan kepada rumah ibadah, pada Ramadhan ini pemerintah kota juga ada program paket duafa berupa penyaluran paket sembako. Nilai per paket Rp200.000 dengan jumlah 200 paket yang penyalurannya disebar di lima kecamatan di Palangka Raya," kata Abramsyah.

Pria yang pernah menjadi Camat Pahandut ini menerangkan, beban biaya penyaluran bantuan rumah ibadah dan paket duafa tersebut berasal dari APBD Kota Palangka Raya Tahun 2018.

"Biaya berasal dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kota, sementara dari bagian Kesra hanya selaku fasilitator yang bertugas menerima proposal permohonan bantuan tempat ibadah serta melakukan verifikasi terhadap para calon penerima program," katanya.

Sementara itu, terkait program safari Ramadhan pihaknya juga telah menjadwalkan jajaran pemerintah kota akan melaksanakan kegiatan rutin tahunan saat bulan suci bagi umat Islam tersebut.

Ia menyebutkan, safari Ramadhan meliputi buka dan shalat Mahgrib berjamaah, shalat Tarawih berjamaah, shalat Subuh berjamaah, serta berbuka puasa dan sahur bersama.

"Safari Ramadhan ini rutin dilakukan pemerintah daerah setiap memasuki bulan puasa. Safari Ramadhan tahun ini dijadwalkan sebanyak sembilan kali. Selain untuk meningkatkan silaturahmi juga sebagai ajang mendengarkan aspirasi warga," katanya.