Pemprov diminta ikut sukseskan desa pintar Sukamara

id DPRD Kalteng,sukseskan desa pintar ,desa pintar Sukamara,Nataliasi

Pemprov diminta ikut sukseskan desa pintar Sukamara

Anggota DPRD Kalteng Nataliasi. (Foto AntaraKalteng/Jaya W Manurung)

Jika program Desa Pintar yang telah digagas desa Jihing nantinya sukses, tentunya akan menjadi contoh dan dapat diterapkan di seluruh desa di provinsi Kalteng. Tapi, untuk mensukseskannya sangat diperlukan dukungan dari pemerintah
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Nataliasi meminta pemerintah setempat ikut memberikan dukungan dan mensukseskan program Desa Pintar atau pemanfaatan teknologi informasi yang digagas dan dilakukan Desa Jihing, Kabupaten Sukamara, dapat berjalan optimal serta sesuai harapan.

Program Desa Pintar yang baru berjalan dua bulan tersebut sangat mudah masyarakat sekitar mempermudah dalam pengurusan administrasi kependudukan dan lainnya, kata Hj Nataliasi di Palangka Raya, Senin.

"Misal, pengurusan Kartu Keluarga (KK), KTP, dan sebagainya. Konsepnya yaitu hanya dengan memasukkan file data ke sarana yang ada dan nantinya tersambung langsung dinas, kecamatan, kabupaten, bahkan desa itu sendiri. Ini sangat bagus dan perlu didukung," tambahnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini menyebut, apabila teknologi informasi sudah tersambung, maka permohonan surat keterangan itu pun akan dicetak secara langsung oleh pihak desa dan bisa diserahkan ke pemohon.

Dia mengatakan program Desa Pintar itu bukan hanya sekedar membantu masyarakat desa, tapi juga membuat pendataan kependudukan semakin bagus. Hal ini tentunya sejalan dengan keinginan Pemerintah Provinsi dan Pusat agar pendataan kependudukan sampai ke tingkat desa bisa lebih baik dan valid.

"Jika program Desa Pintar yang telah digagas desa Jihing nantinya sukses, tentunya akan menjadi contoh dan dapat diterapkan di seluruh desa di provinsi Kalteng. Tapi, untuk mensukseskannya sangat diperlukan dukungan dari pemerintah," ucap Nataliasi.

Harapan anggota DPRD Kalteng dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini sangat wajar, karena hingga saat ini desa yang berbasis online masih sangat langka di Kalteng. Bahkan program ini sangat jarang dan hanya beberapa desa saja yang menerapkannya.

Anggota Komisi A DPRD Kalteng ini mengaku telah melihat langsung konsep desa Pintar yang diterapkan desa Jihing. Dia juga mendengar langsung dari masyarakat sekitar bagaimana program tersebut sangat membantu dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Dalam peluncuran program Desa Pintar itu kan berbarengan dengan reses perseorangan. Bupati setempat juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan jaringan internet yang tersedia," demikian Nataliasi.