PDAM Barut targetkan pemasangan 1.000 sambungan baru

id PDAM Barut,sambungan baru

PDAM Barut targetkan pemasangan 1.000 sambungan baru

Sarana pengolahan air bersih PDAM Barito Utara di Muara Teweh. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2018 menargetkan pemasangan sambungan air bersih ke masyarakat kepada 1.000 pelanggan.

"Pemasangan sambungan baru ini merupakan upaya memaksimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat dengan melayani pemasangan jaringan pelanggan untuk warga perumahan," kata Ditektur PDAM Barito Utara (Barut) Agus Surjanto di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Agus, pemasangan sambungan baru tersebut untuk Muara Teweh ditargetkan sebanyak 500 sambungan rumah dan sisanya di sejumlah Sistem Penyediaan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK).

Salah satu lokasi sasaran pemasangan sanbungan baru yakni Jalan Muara Teweh-Puruk Cahu sampai kilometer 7 yakni kawasan Wonorejo, Tamban Sari, Pangkuh Raya dan Merong di lokasi ini cakupan pipa jaringan yang terpasang cukup luas sehingga dapat dilakukan pemasangan baru.

"Di lokasi tersebut kalau pemasangan baru mencapai 200 sambungan rumah atau lebih, baru sambungan ledeng bisa dijalankan distribusinya," kata dia.

Agus mengatakan biaya pemasangan jaringan pipa PDAM ke masyarakat ini tergantung kondisi di lapangan misalnya menyeberang melalui jalan aspal atau cor beton itu perlu dikonsultasikan dengan dengan pelanggan.

"Dari PDAM dijatah delapan meter dan kalau tidak menyeberang dengan biaya Rp1,75 juta," katanya.

Dia mengakui selama ini untuk wilayah tersebut memang banyak mendapat pertanyaan dari masyarakat akan dimulainya pelayanan. Saat ini sudah resmi diumumkan bagi warga sekitar untuk pemasangan baru.

"Dengam dimulainya pengumuman pasangan baru kepada warga sekitar Jalan Katamso hingga kilometer 7, diharapkan dapat menikmati air bersih," ujar Agus.

Saat ini PDAM telah meningkatkan kafasitas produksi air bersih ke pelanggan dari 100 liter per detik menjadi 140 liter per detik dengan jumlah pelanggan di Barito Utara mencapai 13.766 sambungan rumah termasuk 8.399 sambungan rumah pelanggan di Muara Teweh.