Lima posko disiapkan untuk pengamanan lebaran di Palangka Raya

id polres palangka raya,Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul Timbul Rein Krisman Siregar,posko pengamanan ramadhan,Lima posko disiapkan untuk pengamanan l

Lima posko disiapkan untuk pengamanan lebaran di Palangka Raya

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar (tengah) didampingi Kapolsek Pahandut AKP Roni Wijaya (kiri) saat menjelaskan dua kecamatan rawan politik uang kepada awak media, Kamis (8/3/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Polres Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan skema pengamanan Lebaran 2018 dengan membangun posko pengamanan.

"Saat ini salah satu upaya dalam rangka pengamanan lebaran ialah menyiapkan lima posko pengamanan yang nantinya akan diisi sejumlah personel polres dibantu pihak terkait lain seperti dari POM, Kodim, Senkom, Dishub, Polisi Pamong Praja dan Dinkes," kata Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul Timbul Rein Krisman Siregar, Selasa.

Kelima posko tersebut berada di kawasan Bundara Besar, simpang empat arah Banjarmasin di Jalan Mahir Mahar, di kawasan Pasar Besar di Jalan A Yani, di kawasan Hypermart jalan Yos Sudaso yang ditambah dengan dengan markas komando pengendali operasi.

Diantara sejumlah posko tersebut salah satu yang menjadi perhatian pihaknya ialah keamanan di kawasan Pasar Besar. hal tersebut karena di kawasan itu banyak pertokoan termasuk toko emas dan menjadi pusat perkantoran sejumlah perbankan.

"Meski demikian, bukan berarti kondisi di wilayah lain kita abaikan. Selain menempatkan personel di posko, kami juga melakukan upaya pengamanan dengan melakukan patroli keliling ke daerah rawan tindak kejahatan yang telah kami petakan," katanya.

Selain pengamanan tersebut saat ini itu pihaknya juga tengah menyiapkan pengamanan pada acara malam takbiran yang melibatkan 100 personel dan salah Idul Fitri dengan jumlah anggota yang diturunkan sebanyak 60 personel.

Selanjutnya dia pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2018.

"Diantara gangguan keamanan tersebut seperti penyalahgunaan petasan, perjudian, konsumsi minuman keras, maraknya gelandangan dan pengemis, aksi premanisme, makanan kedaluwarsa, balap liar, copet dan aksi pencurian di rumah kosong," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat acara rapat cipta kondisi dalam rangka Ramadhan dan Idul Fitri 2018 oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia selaku pimpinan rapat mengimbau seluruh masyarakat mewaspadai dan turut mengantisipasi berbagai potensi gangguan ketertiban dan keamanan tersebut.

Turut hadir dalam rapat tersebut para pejabat di lingkungan Pemkot Palangka Raya dan pihak terkait lain seperti BPOM, BI Kantor Perwakilan Kalteng, Perum Bulog Kalteng.

"Semoga di tahun ini kita mampu mengantisipasi ketidaknyamanan terhadap kondisi masyarakat terutama keamanan, ekonomi selama Ramadhan dan Idul Fitri," kata Riban.