Pemkab Sukamara ingin peternak ayam bentuk asosiasi, manfaatnya ini

id peternak ayam,dukpp sukamara,ayam potong

Pemkab Sukamara ingin peternak ayam bentuk asosiasi, manfaatnya ini

Ilustrasi - Beternak ayam. (suksesternak.com)

Sukamara (Antaranews Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Sukamara berkeinginan para peternak ayam membentuk asosiasi, nqmun hinggq kini  belum terlaksana, karena para peternak ayam potong yang ada nampaknya lebih suka berjalan sendiri-sendiri tanpa ada naungan asosiasi. 

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sukamara Suratman mengatakan dengan adanya asosiasi peternak ayam, maka para peilik ternak ayam bisa saling berkomunikasi dan bisa mengatasi tidak menentunya harga jual daging ayam di pasaran.

"Dengan adanya sebuah asosiasi tentu Pemerintah daerah dalam hal Dinas berharap harga daging ayam potong memiliki stndar harga yang memadai sehingga para peternak tidak merasa dirugikan,” kata Suratman di Sukamara, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya, ada beberapa keuntungan bila asosiasi terbentuk, yakni harga akan terkendali dan tidak dapat dipermainkan pihak luar, seain distribusi kebutuhan daging ayam potong dapat dipantau dengan baik, sehingga posisi tawar para  peternak akan semakin baik terutama bila berhadapan dengan para tengkulak.

"Karena selama ini yang terjadi adalah selisih harga yang diterima dari tangkulak sangat rendah dibandingkan dengan harga jual para pedagang. Oleh karena itu diperlukan suatu asosiasi peternak ayam yang akan menjadi wadah pengembangan usaha perunggasan dengan fungsi strategis dalam sosiokultural dan ekonomi pedesaan," katanya. 

menurut dia, asosiasi peternak merupakan organisasi para peternak dan pelaku peternak pula, baik peternakan ayam, pedaging, dan petelur, sedangkan pemerintah hanya merupakan fasilitator dalam membina para peternak yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Sukamara.

"Juga dengan terbentuknya asosiasi tersebut tentu dalam perjalanannya nanti akan menjadi wadah para peternak yang siap menghadapi tantangan persaingan di dunia usaha khususnya di bidang peternakan ayam,” tambahnya.