Pendonor darah Kotim turun drastis selama Ramadhan

id Pendonor darah Kotim turun drastis selama Ramadhan,Donor darah,PMI,Yuendri Irawanto

Pendonor darah Kotim turun drastis selama Ramadhan

Petugas di Unit Transfusi Darah PMI Kotim saat memeriksa stok darah di lemari pendingin. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Jumlah warga yang mendonorkan darah melalui Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah selama bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah turun drastis.

"Biasanya sehari sekitar 20 pendonor, tapi selama bulan puasa ini di bawah lima orang. Bahkan hari ini sampai siang baru ada satu pendonor," kata Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, dr Yuendri Irawanto di Sampit, Rabu.

Menurunnya jumlah pendonor diduga karena masyarakat khawatir stamina mereka menurun karena sedang menjalankan ibadah puasa. Padahal untuk menyiasati kekhawatiran itu, donor darah bisa dilakukan pada malam hari.

Yuendri bersyukur karena meski jumlah pendonor darah turun drastis, namun stok darah saat ini masih aman untuk beberapa hari ke depan. Stok itu merupakan hasil donor darah yang didapat sebelum Ramadhan lalu.

Hingga Rabu siang, stok darah tersedia 253 kantong darah. Terdiri dari darah golongan A sebanyak 41 kantong, B sebanyak 82 kantong, O sebanyak 111 kantong dan AB sebanyak 19 kantong.

Permintaan darah selama Ramadhan ini juga mengalami penurunan. Jika biasanya permintaan darah setiap hari sekitar 18 hingga 25 kantong, kini hanya sekitar 10 kantong darah prr hari.

Untuk menjaga keamanan jumlah stok darah, dalam waktu dekat akan ada donor darah di Vihara di Sampit. Selanjutnya, rencananya juga ada donor darah dari jemaat gereja.

"Mereka sepakat untuk mendonorkan darah karena mereka tahu biasanya stok darah saat Ramadhan menipis karena pendonor yang beragama Islam sedang berpuasa sehingga banyak menunda donor rutinnya," kata Yuendri.

Yuendri mengimbau masyarakat untuk rutin mendonorkan darah. Selain sangat bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa warga lain yang membutuhkan, donor darah juga bagus bagi kesehatan pendonor.

Saat ini layanan donor darah hanya dibuka pada malam hari karena stok masih mencukupi dan jumlah pendonor juga masih sedikit. Namun jika diperlukan, layanan donor darah juga akan dibuka pada malam hari.