DPPKBP3A Barsel sebut keluarga berperan penting bangun karakter anak

id Barsel, keluarga berperan penting bangun karakter anak,DPPKBP3A Barsel,keluarga,Suriadi Kurnain,program KB

DPPKBP3A Barsel sebut keluarga berperan penting bangun karakter anak

Ilustrasi. (Ist)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengatakan keluarga sangat berperan penting dalam membangun karakter anak.

"Dengan program yang ada, kita berupaya agar pembangunan karakter anak melalui keluarga," kata kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Barito Selatan, Suriadi Kurnain, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, keluarga harus diberdayakan dari segi sosial, masyarakat, dan rohaninya agar bisa terwujudnya keluarga harmonis.

Karena, melalui program keluarga berencana bersama instansi terkait pihaknya menekankan kepada keluarga akan pentingnya menjalin komunikasi dalam sebuah keluarga, sebab dalam keluargalah karakter seseorang anak dibangun," ujarnya.

Karena lanjut dia, program KB bukan hanya menekan laju penduduk, akan tetapi juga menyisir pada pemberdayaan keluarga yang mana didalamnya ada anak, ibu, dan kepala keluarga.

"Disitulah peran yang kita programkan dalam upaya membangun karakter, dan menciptakan keluarga yang harmonis, dan menghindari kekerasan, serta penelantaran dalam keluarga," ucap Suriadi Kurnain.

Menurut dia, didalam sebuah keluarga harus ada penanaman nilai cinta kasih, fungsi agama, dan pendidikan.

"Semakin baik orang tua memberikan cinta kasih, dan perhatian kepada buah hatinya, maka besar harapan anak itu tumbuh, dan berkembang secara optimal," ujarnya.

Ia mengatakan, pembinaan, dan pengawasan terhadap generasi muda perlu dilakukan melalui sebuah keluarga, dan hal itu sejalan dengan program pemerintah membangun karakter bangsa melalui keluarga.

"Selain itu juga upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam sebuah keluarga dengan menanamkan nilai cinta kasih adalah salah satu cara untuk menjadikan keluarga kecil yang bahagia, dan sejahtera," demikian Suriadi Kurnain.