Waspada! anjing di Barsel positif rabies

id anjing rabies,dinkes barsel,Yustinus Feriady,anjing di Barsel positif rabies

Waspada! anjing di Barsel positif rabies

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Seksi Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan, Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mencatat dari enam kasus gigitan anjing di daerah setempat diketahui satu ekor anjing positif rabies atau anjing gila.

"Dari enam kasus gigitan, satu anjing positif menularkan penyakit rabies," kata Kasi Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Yustinus Feriady di Buntok, Selasa.

Hal tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan sampel kepala anjing dilaboratorium balai veteriner Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kasus gigitan tersebut terjadi pada Februari 2018 yang lalu," ucapnya.

Baca juga: Sudah 2.549 hewan di Barsel yang divaksinasi rabies

Oleh karena itu ia meminta kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera agar divaksinasi supaya terhindar dari penyakit rabies yang sangat membahayakan tersebut.

Selain itu ia juga menyampaikan, adapun jumlah hewan peliharaan yang sudah divaksinasi rabies secara massal tercatat sebanyak 2.549 ekor hewan.

"Vaksinasi rabies secara massal tersebut kita laksanakan dari 23 April 2018 yang lalu," kata Kasi Kesehatan Hewan Pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Yustinus Feriady.

Pihaknya akan terus melakukan vaksinasi rabies secara massal sesuai dengan jadwal hingga 23 Mei 2018, dan juga tetap melaksanakan vaksinasi secara rutin terhadap hewan peliharaan milik warga," ucap Yustinus Feriady.

Selain itu ia juga menyampaikan, jumlah sementara hewan yang telah divaksinasi rabies tersebut tersebar dilima kecamatan di daerah ini.

"Untuk hewan peliharaan anjing yang telah divaksinasi di kecamatan Dusun Selatan sebanyak 853 ekor," ucap dia.

Di kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 702 ekor anjing, dan untuk di kecamatan Dusun Utara sebanyak 896 ekor anjing, dan dua ekor kera.

"Untuk di Kecamatan Karau Kuala sebanyak 92 ekor anjing sehingga total keseluruhan anjing, dan kera yang telah dilakukan vaksinasi rabies sebanyak 2.549 ekor," jelas Yustinus Feriady.