Angkutan DAS Barsel diimbau sesuaikan kapasitas penumpang

id angkutan sungai,barsel,buntok,dprd barsel

Angkutan DAS Barsel diimbau sesuaikan kapasitas penumpang

Angkutan Sungai (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Hermanes mengimbau angkutan sungai agar membawa penumpang sesuai kapasitas sesuai izin trayek yang telah ditentukan.

"Karena, kalau melebihi kapasitas, akan bisa membahayakan keselamatan bagi penumpang, mengingat jumlah penumpang akan meningkat menjelang lebaran nantinya," katanya di Buntok, Rabu.

Menurut dia, setiap angkutan sungai sudah ada batas penumpang yang bisa dibawa dalam setiap kali keberangkatan.

Untuk itu ia mengimbau kepada angkutan sungai di wilayah Barito Selatan ini agar mengindahkan hal ini demi keselamatan, dan pihaknya juga meminta kepada petugas pelabuhan untuk mengecek jumlah penumpang dalam setiap kali keberangkatan.

Ia juga mengingatkan kepada angkutan sungai berupa kelotok agar melarang penumpangnya naik ketas atap, sebab apabila kondisi miring, kelotok bisa terbalik.

"Kita juga mengimbau agar pemilik angkutan sungai selalu mengecek mesin speedboat, dan kelotoknya secara rutin sehingga perjalanan bisa aman, dan lancar," ucap Hermanes.

Menurut dia, kalau tidak dilakukan pengecekan secara rutin, apabila mesin macet, maka speedboat, atau kelotok akan terbawa arus, dan bisa membahayakan bagi keselamatan penumpang," tambah dia.

Selain itu ia juga mengingatkan kepada pemilik angkutan sungai agar terus membawa peralatan keselamatan berupa baju pelampung, dan pelampung pada armada angkutan sungainya.

Fasilitas keselamatan bagi para penumpang ini diminta supaya terus dibawa pada armada angkutan sungai, dan pihaknya beberapa waktu lalu telah membagikan fasiltas keselamatan tersebut kepada pemilik angkutan sungai.

"Pelampung keselamatan itu sangat penting disiapkan, karena bisa digunakan para penumpang apabila terjadi kecelakaan disungai," demikian kata dia.