Ini tips berat badan tidak naik saat puasa

id puasa, ramadhan,berat badan

Ini tips berat badan tidak naik saat puasa

Umat muslim berbuka puasa setelah menahan lapar dan dahaga selama sekitar 13 jam. (ANTARA FOTO/Embong Salampessy) (Istimewa)

 

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Saat Ramadhan, ada keinginan untuk "balas dendam" ketika berbuka puasa dengan ragam makanan lezat tinggi kalori yang berujung pada kenaikan berat badan.

Berikut adalah kiat agar berat badan tidak bertambah selama bulan puasa, seperti dilansir Egypt Independent.

1. Berbuka dengan kurma

Buka puasa dengan satu hingga tiga kurma ditambah segelas besar air mineral.  Beri jeda sebelum disambung dengan makan berat agar tubuh tidak "kaget". Sembari tubuh mempersiapkan diri untuk mencerna makanan, dahulukan dulu shalat magrib sebelum menyantap hidangan di meja makan.

2. Nasi belakangan 

Lanjutkan dengan sup dan salad, lalu protein. Tunda dulu karbohidrat karena menyantapnya sejak awal hanya meningkatkan rasa lapar.

3. Minum minuman penurun berat badan saat sahur

Coba nikmati campuran jahe dan peppermint serta lemon atau kayu manis dengan madu dan lemon sebagai racikan minuman penurun berat badan.

4. Jangan langsung makan manis

Makanan mengandung gula tetap dibutuhkan, tapi jangan disantap langsung saat buka puasa. Sebaiknya dulu sekitar dua jam.

5. Pilih menu sahur kaya protein

Makanan sahur bisa jadi penyebab kenaikan berat badan karena dimakan sebelum tidur. Lebih baik pilih menu sahur kaya protein, kurangi gula dan karbohidrat.