Ternyata! DAS Barito sering jadi jalur kayu ilegal

id kayu ilegal,DAS Barito sering jadi jalur kayu ilegal,Direktur Polisi Air Daerah Kalimantan Tengah Kombes Pol Badarudin

Ternyata! DAS Barito sering jadi jalur kayu ilegal

Ilustrasi - Ratusan kayu tak bertuan yang ditemukan di Sampit (Ist)

Walaupun hingga saat ini sejumlah pemilik kayu ilegal belum diketahui siapa pemiliknya dan belum dirungkus, sehingga membuat pertanyaan besar bagi kalangan masyarakat yang ada di daerah itu
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Direktur Polisi Air Daerah Kalimantan Tengah Kombes Pol Badarudin mengatakan daerah aliran sungai (DAS) Barito sering kali menjadi jalur lewatnya kayu log ilegal. 

Bahkan tidak sedikit pihaknya berhasil menyita kayu log tanpa dokumen tersebut saat kedapatan petugas setempat sedang milir di kawasan perairan tersebut. Akibatnya sejumlah anak nahkoda kapal yang menggiring kayu ilegal tersebut, menjadi tersangka dalam perkara itu. 

"Selain DAS Barito yang sangat rawan menjadi jalur kayu ilegal milir, sungai Kahayan yang berada di Kota Palangka Raya, sungai yang berada di Kabupaten Kapuas dan suangai Mentaya Kabupaten Kotawaringin Timur juga rawan menjadi jalur yang sama," kata Badarudin di Palangka Raya, Kamis. 

Baca juga: Polda Kalteng kembali temukan ratusan kayu ilegal

Walaupun hingga saat ini sejumlah pemilik kayu ilegal belum diketahui siapa pemiliknya dan belum dirungkus, sehingga membuat pertanyaan besar bagi kalangan masyarakat yang ada di daerah itu.

Ia menjelaskan, pihaknya juga sudah gencar melakukan sosialisasi ke setiap desa yang berada di beberapa kabupaten tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat setempat agar tidak melakukan illegal logging. 

Sebab apabila kedapatan petugas kepolisian melakukan ilegal loging, tentu hukuman kurungan penjara sudah jelas akan diterima bagi si pelakunya. 

Baca juga: Ditpolair Kalteng temukan ratusan batang kayu logging `tak bertuan`

"Untuk mencegah kayu hasil illegal logging itu diangkut melalui jalur sungai, anggota saya juga gencar melakukan patroli kawasan setempat. Kemudian mereka juga saya perintahkan jangan beri ampun apabila kedapatan membawa kayu ilegal, karena itu pasti hasil perambahan hutan di beberapa desa setempat," katanya.

Perwira berpangkat melati tiga itu menambahkan, dalam beberapa hari ini pihaknya yang meningkatkan patroli di kawasan DAS Barito dan perairan di beberapa kabupaten tersebut yang rawan di jadikan jalur untuk pengangkutan kayu ilegal tersebut.

"Saya berharap untuk mencegah terjadinya tindak pidana seperti tersebut, masyarakat diharapkan bisa bekerja sama dengan aparat setempat. Baik itu memberikan informasi mengenai tindak pidana tersebut serta tindak pidana lainnya," tandasnya.

Baca juga: Ditpolair Kalteng Kembali Sita Ratusan Kayu Ilegal