Ini persiapan bandara Palangka Raya jelang Lebaran 2018

id Bandara tjilik riwut,arus mudik,mudik,lebaran

Ini persiapan bandara Palangka Raya jelang Lebaran 2018

Pesawat Lion Air di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (10/2/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pihak Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sedang bersiap menghadapi arus mudik dan arus balik pada momen Lebaran 2018.

"Di antaranya kita tengah menyiapkan posko yang nantinya akan berkerja sama dengan pihak terkait, baik dalam bidang pengamanan maupun kesehatan," kata Kepala KSTU Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Tri Rengo, Kamis.

Meski demikian, menurut dia, saat ini frekuensi penerbangan yang dilakukan maskapai dari maupun menuju Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya masih berjalan normal.

"Jumlah penumpang pesawat yang yang datang maupun pergi melalui Bandara Tjilik Riwut belum mengalami lonjakan. Sampai saat ini para pihak maskapai pun belum ada yang mengajukan penambahan penerbangan dalam menyambut mudik dan arus balik lebaran," katanya.

Dia pun mengimbau bagi maskapai yang akan melakukan penambahan jadwal penerbangan di Bandara kebanggaan masyarakat Palangka Raya ini untuk segera mengajukan permohonan.

"Karena sesuai surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kemenhub bahwa izin permohonan `extra flight` terakhir pada akhir Mei ini," katanya.

Menurut dia, pembatasan waktu permohonan tersebut karena menambah jadwal penerbangan akan berpengaruh pada jadwal penerbangan yang ada, sehingga perlu waktu dalam penyesuaian jadwal penerbangan yang baru.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia terkait kondisi Bandara Tjilik Riwut berharap agar ruang tunggu dan ruang pemberangkatan, kedatangan bandara yang tengah dibangun dapat segera beroperasi.

"Kami berharap pembangunan itu selesai tepat waktu dan segera difungsikan. Saat ini jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Tjilik Riwut semakin banyak sehingga di saat tertentu ruang tunggu penumpang yang ada kurang memadai," katanya.Budi Suyanto