Pemda perlu optimalkan pembinaan terhadap industri rumahan, kata Artaban

id dprd kalteng,ketua komisi d dprd kalteng,artaban,pembinaan industri rumahan kalteng

Pemda perlu optimalkan pembinaan terhadap industri rumahan, kata Artaban

Ilustrasi - Perajin Sketsa. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Saya juga melihat hasil dari produksi industri rumahan semakin banyak tersebar di Kalteng. Ini potensi yang harus dimanfaatkan Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian sekaligus mendorong terbukanya lapangan pekerjaan baru
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Artaban menilai pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, perlu mengoptimalkan pembinaan terhadap para pelaku industri rumahan agar hasil produksinya mampu menembus pasar nasional bahkan internasional.

Dari banyak aspirasi masyarakat yang diterima saat melakukan reses perseorangan maupun kelompok selalu ada permintaan dan keinginan agar pelaku industri rumahan mendapat pembinaan, kata Artaban di Palangka Raya, Kamis.

"Saya juga melihat hasil dari produksi industri rumahan semakin banyak tersebar di Kalteng. Ini potensi yang harus dimanfaatkan Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian sekaligus mendorong terbukanya lapangan pekerjaan baru," tambahnya.

Ketua Komisi D DPRD Kalteng ini mengaku baru-baru ini ada berkunjung ke desa Sari Harapan Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Dalam kunjungan itu dirinya melakukan pertemuan dengan warga sekitar untuk mengetahui perkembangan sekaligus menyerap aspirasi.

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut diketahui ada dua industri rumahan yang hasil produksinya berupa tahu, tempe dan keripik telah tersebar di Kabupaten Kotim. Walau produksinya sudah banyak tersebar, namun para pelaku industri rumahan di desa Sari Harapan itu tetap mengharapkan adanya pembinaan dari Pemerintah.

"Para pelaku industri rumahan ini berkeinginan agar hasil produksinya bisa tersebar di seluruh Kalteng. Tapi mereka masih kurang mengerti bagaimana caranya. Di sini lah peran dan keberadaan pemerintah sangat diperlukan. Ayo bina mereka," kata Artaban.

Selain masalah pembinaan pelaku industri rumahan, wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan ini, juga menerima aspirasi mengenai perbaikan dan pemeliharaan jalan agar penyebaran hasil produksi dapat lebih mudah dilakukan.

Dia warga di Kecamatan Parenggean ini sangat mengharapkan agar kedepan Pemprov Kalteng juga bisa memaksimalkan kegiatan pemeliharaan rutin jalan Provinsi yang ada di wilayah Kecamatan Parenggean, khususnya di Kotim bagian Utara ini.

"Kedepan diharapkan agar Pemerintah dapat memaksimalkan kegiatan Pemeliharaan rutin badan jalan provinsi untuk mencegah terjadinya kerusakan jalan," demikian Artaban.