Bupati Kobar pastikan stok sembako selama Lebaran aman

id Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah ,Hj Nurhidayah,stok sembako di kobar,pemkab kobar,bupati cek pasar di kobar

Bupati Kobar pastikan stok sembako selama Lebaran aman

Bupati Kobar Hj Nurhidayah (tengah) melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Tradisional Indra Sari serta beberapa swalayan untuk memantau stok dan harga sembako, di Pangkalan Bun, Kamis (24//5/18). (Foto AntaraKalteng/Hendri Gunawan)

Tadi sudah meninjau langsung harga di distributor, dan distributor tidak pernah memainkan harga, tapi para pengecer yang sering memainkan harga untuk itu akan evaluasi dan seminggu mendekati hari Lebaran kita akan lakukan lagi sidak di pasar
Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah menegaskan bahwa hasil pengecekan di sejumlah pasar tradisional maupun modren, stok bahan pokok selama ramadhan sampai lebaran tidak ada masalah atau aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Dari beberapa yang sudah kami pantau, khususnya di distributor-distributor besar pun stok sampai Lebaran cukup, tidak ada permasalahan," kata Hj Nurhidayah seusai mengecek ketersediaan stok di beberapa gudang sembako di Pangkalan Bun, Kamis.

Perempuan yang pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kobar ini tak hanya mendatangi gudang para distributor, tapi juga meninjau langsung harga sembako di beberapa swalayan serta pasar tradisional Indra Sari.

Dia mengaku hasil tinjauan ini tidak hanya mengetahui stok sembako, tapi juga sejauh mana perbedaan harga di sejumlah swalayan serta pedagang di beberapa tempat. "Kita memang ada mendapatkan harga yang bervariasi. Tapi, tidak terlalu signifikan, masih wajar dan bisa dimaklumi," ucap Nurhidayah.

Untuk mensiasati agar kedepan tidak terjadi lonjakan harga menjelang Lebaran, terutama untuk sembako, Pemkab Kobar akan memberlakukan harga eceran tertinggi (HET), karena itu sudah ada sudah ada panduannya.

"Tadi sudah meninjau langsung harga di distributor, dan distributor tidak pernah memainkan harga, tapi para pengecer yang sering memainkan harga untuk itu akan evaluasi dan seminggu mendekati hari Lebaran kita akan lakukan lagi sidak di pasar," kata Nurhidayah.

Sementara itu dari pantauan langsung dilapangan, harga di pasaran masih stabil, saat ini harga yang beredar dipasarkan masih sama dengan harga sebelum bulan Ramadhan. Di mana Bawang Merah per kg berkisar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu, Bawang Putih Rp30 ribu sampai Rp35 ribu per kilo. Harga telur ukuran sedang Rp48 ribu per tabak, ukuran besar Rp50 ribu per tabak, gula Rp12 ribu per kg, tepung terigu Rp7 ribu per kg, Beras premium Rp185 ribu per 10kg, beras medium Rp110 ribu per 10kg.

Sedangkan beberapa sembako yang mengalami kenaikan yakni Cabe yang sebelum masuk Ramadhan per kg  Rp35 ribu kini naik jadi Rp40 ribu per kg, daging ayam potong sebelumnya Rp38 ribu naik jadi Rp42 ribu perkg, Kemiri sebelumnya Rp43 ribu naik jadi Rp50 ribu per kg, Emping Melinjo dari Rp65 ribu jadi Rp70 ribu per kg.