Pesawat Lion Surabaya-Palangka Raya lakukan RTB, penumpang dipindahkan

id lion air, pesawat surabaya-palangka raya,bandara juanda

Pesawat Lion Surabaya-Palangka Raya lakukan RTB, penumpang dipindahkan

Ilustrasi - Pesawat Lion Air. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Sidoarjo (Antaranews Kalteng) - Pihak PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Jawa Timur, membenarkan ada satu pesawat Lion Air tujuan Surabaya-Palangka Raya yang melakukan "return to base" (RTB) sehingga penumpangnya harus diterbangkan dengan menggunakan pesawat lain.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Yuristo Ardhi Hanggoro, Kamis, mengatakan sedianya pesawat tersebut terbang sekitar pukul 09.00 WIB dan harus balik ke bandara.

"Memang benar ada yang RTB, tetapi sepertinya sudah diberangkatkan," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp.

Ia mengemukakan, saat ini sebanyak 125 penumpang sudah diberangkatkan kembali dengan pesawat yang berbeda.

"Pukul 14.42 WIB sudah terbang lagi. Sepertinya sudah diberangkatkan dengan ganti pesawat," ujarnya.

Sementara itu, Danang Mandala Prihantoro, selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air saat dikonfirmasi terkait dengan kejadian ini mengaku masih melakukan penggalian informasi di lapangan.

"Well noted. Segera saya update ya," tulisnya singkat.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT0680 jurusan Surabaya - Palangkaraya yang semestinya terbang dari Bandara Juanda pukul 09.00 WIB terpaksa balik ke landasan pacu (return to base) dua kali karena diduga mengalami kerusakan mesin.

Seorang calon penumpang Lion Air, Rahmat, menjelaskan ketika beberapa saat terbang, tiba-tiba pesawat diarahkan kembali ke Bandara Juanda dengan alasan ada masalah dengan mesin. Setelah tertunda sekitar 30 menit, pesawat terbang lagi. Tapi, beberapa saat kemudian pesawat kembali ke landasan pacu dengan alasan yang sama.

Ketika mendarat, di darat sudah terlihat mobil pemadam kebakaran dan ambulans di dekat landasan pacu.