13 tahun tutup, SMP Muhammadiyah Barut akan kembali dibangun

id Muara Teweh,smp muhammadiyah,barut,pendidikan,sekolah

13 tahun tutup, SMP Muhammadiyah Barut akan kembali dibangun

Tim verifikasi pembangunan SMP Muhammadiyah Muara Teweh bertemu Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara di Muara Teweh, Kamis (24/5/18).Ist

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Tim Verifikasi lahan Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Direktorat Pembinaan SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan peninjauan ke lokasi lahan pembangunan SMP Muhammadiyah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"Verifikasi ini oleh pejabat dari Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud yakni Galuh Perkasa, staf Direktorat Pembinaan SMP untuk melakukan peninjauan dan verifikasi lahan tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Masdulhaq verifikasi lahan pembangunan SMP Muhammadiyah itu berada di lokasi kilometer 12 Jalan Muara Teweh - Banjarmasin Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru pada Kamis (24/5).

Dalam kesempatan ini, tim Verifikasi lahan melihat secara langsung lokasi pembangunan seluas 10.000 meter persegi atau satu hektare yang merupakan hibah dari seorang pengusaha setempat termasuk salah satu pengurus daerah Muhammadiyah Barito Utara, Boy Alpiannoor.

"Kami sangat berharap setelah dilakukan verifikasi lahan tersebut dan mendapat dukungan dari pemerintah pusat untuk pembangunan gedung sekolah tersebut," kata Masdulhaq yang ikut mendampingi peninjauan lokasi pembangunan bersama Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Ardian dan pengurus PDM setempat lainnya.

Masdulhaq mengatakan dengan adanya SMP Muhammadiyah ini dapat menampung lulusan dan dukungan dari beberapa SD terdekat seperti SDN di Kelurahan Jingah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru.

"Disamping itu diharapkan adanya dukungan dari pihak Pemerintah Kabupaten Barito Utara, mengingat SMP Muhamadiyah Muara Teweh hampir 13 tahun tutup atau tidak operasional," kata dia.

Dia mengatakan verifikasi ini setelah sebelumnya diajukan proposal bantuan dana untuk pembangunan USB SMP Muhammadiyah Barito Utara yang diterima langsung oleh Direktor PSMP Mendikbud RI Dr Supriano, MEd.

Proposal tersebut langsung disampaikan Sekretaris Pimpinan Muhammadiyah Barito Utara Munawar Halil, didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan setempat Ardian.

"Kami berharap proses pembangunan SMP Muhammadiyah Muara Teweh itu segera dapat terbangun tahun 2018 ini juga," ujar Masdulhaq.