Tenaga medis harus menetap di desa, kata Ina Prayawati

id DPRD Kalteng,Ina Prayawati ,komisi c dprd kalteng,fraksi pdip kalteng,tenaga medis desa

Tenaga medis harus menetap di desa, kata Ina Prayawati

Ina Prayawati (Foto DPRD Kalteng)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati menyebut tenaga medis, baik dokter, bidan maupun perawat, harus tinggal menetap di pedesaan agar pelayanan terhadap masyarakat dapat semakin optimal.

Informasinya masih banyak tenaga medis ditugaskan di pedesaan tapi sering tidak berada di tempat bahkan ada yang datang hanya saat tanda tangan absensi, kata Ina di Palangka Raya, Jumat.

"Ini saya ketahui saat melakukan reses perseorangan ke daerah pemilihan V Kalteng, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya," tambah dia.

Dikatakan, dalam pertemuan dengan sejumlah masyarakat di wilayah Barito. berbagai aspirasi dari masyarakat setempat yang diharapkan dapat menjadi perhatian Pemprov Kalteng kedepannya, termasuk mengenai masalah tenaga medis.

Anggota Komisi C DPRD Kalteng ini mengatakan, selain masalah tenaga kesehatan, masyarakat juga mengharapkan adanya perhatian pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur jalan antar desa karena kondisinya sangat memprihatinkan.

"Masyarakat juga mohon perhatian dari pemerintah untuk infrastuktur jalan penghubung antar jalan desa yang sangat memprihatikan," ucapnya.

Anggota DPRD Kalteng dari fraksi partai Demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP) ini menyebut ada juga permintaan masyarakat agar ada solusi terkait larangan pembakaran lahan untuk berladang.

Dia mengatakan akibat larangan tersebut masyarakat yang selama ini mengandalkan pembukaan lahannya dengan sistem membakar jadi enggan menggarap lahannya.

"Petani juga meminta solusi terkait adanya kebijakan larangan membersihkan lahan dengan cara membakar. Sampai sekarang ini masyarakat belum ada solusi. Ini yang sangat di harapkan sejumlah masyarakat, khususnya petani," demikian Ina.