Masyarakat Kotim harus mencegah konflik agama

id Masyarakat Kotim harus mencegah konflik agama,Bupati Kotim,Supian Hadi,Ramadhan

Masyarakat Kotim harus mencegah konflik agama

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi mengajak masyarakatnya menghindari tindakan-tindakan yang bisa memicu konflik umat beragama.

"Potensi konflik itu sering muncul di negara ini, bahkan pada intensitas yang mengkhawatirkan. Konflik agama bisa meletus bersamaan dengan tumbuhnya sikap fundamentalis di antara pemeluk agama. Kita harus menghindari potensi konflik seperti itu," kata Supian Hadi di Sampit, Jumat.

Supian menegaskan, situasi Kotawaringin Timur sangat kondusif. Kerukunan dan toleransi antar umat beragama terjaga dengan baik dan harus ditingkatkan demi terus terciptanya kedamaian.

Menurut Supian, agama pada dasarnya menawarkan jalan keselamatan bagi pemeluknya. Oleh karena itu, ajaran agama harus diikuti dan dijalankan dengan baik oleh pemeluk agama.

Jika semua pemeluk agama menjalankan ajaran agama yang menawarkan konsep jalan keselamatan, seharusnya tidak ada konflik antar umat agama. Setiap pemeluk agama juga harus menghargai ajaran agama lainnya.

"Pada tingkat yang membahayakan, para fundamentalis saling menyalahkan para pemeluk agama lain sehingga akhirnya stabilitas negara dan bangsa menjadi terancam. Ini harus kita waspadai," kata Supian.

Ajakan meningkatkan toleransi itu terus disampaikan Supian dalam beberapa kesempatan. Termasuk dalam safari Ramadhan yang digelar sejak tiga hari lalu, Supian menyerukan menjaga sikap dan toleransi agar tidak melukai perasaan umat agama lainnya.

Masyarakat diminta mempererat kebersamaan sehingga tidak mudah diprovokasi oleh pihak lain. Masyarakat Kotawaringin Timur harus tetap menjaga persaudaraan dan toleransi.

Supian menegaskan, tidak ada tempat di Kotawaringin Timur bagi provokator. Deteksi dini seluruh masyarakat sangat penting untuk mencegah masuknya pihak yang ingin mengganggu keamanan dan ketertiban.

Supian meminta pengamanan lingkungan ditingkatkan. Setiap ketua RT dan RW harus harus mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.