KPU Lamandau ajari pemilih pemula cara jadi memilih cerdas

id KPU Lamandau, Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Daang Padoma,pemilih pemula lamandau

KPU Lamandau ajari pemilih pemula cara jadi memilih cerdas

Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Daang Padoma (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, berupaya meningkatkan partisipasi pemilih, sekaligu mengajak kepada pemilih pemula agar menjadi pemilih cerdas dalam menentukan pemimpin di daerah setempat sebagai perwujutan kedaulatan rakyat.

"Sosialisasi pendidikan pemilih pemula dan organisasi masyarakat sudah kita laksanakan di semua kecamatan. Dimana sasaran dalam sosialisasi ini adalah bagi pemilih pemula," kata Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Daang Padoma, di Nanga Bulik, Senin.

Daang menambahkan bahwa, dalam sosialisasi itu diberikan tips untuk menjadi pemilih yang cerdas, utamanya bagi mereka pemilih pemula. Untuk jadi pemilih yang cerdas, tips-tipsnya antara lain adalah menata orientasi dan pemahaman bahwa berpartisipasi untuk pemilih.

"Dalam pemilihan sesuatu yang sangat penting bagi keberlangsungan dan masa depan pembangunan daerah selama 5 tahun kedepan," ujarnya.

Karena pemimpin yang akan dilahirkan dari hasil pemilihan inilah dalam melakukan pengambilan kebijakan strategis hingga berpengaruh terhadap nasib masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kemudian, mengenai sosok dan latar belakang peserta Pemilu juga sangat penting. Sehingga bisa mengukur derajat integritas peserta Pemilu, misalnya rekam jejak dan keberhasilan seorang atau parpol dalam mengemban kepemimpinan ditempat sebelumnya.

"Pemilih juga harus mengetahui visi dan misi peserta Pemilu. Karena dengan demikian akan lebih memudahkan pemilih pemula dalam menentukan pilihan yang mampu mewakili dan mewujudkan harapan akan masa depan pembangunan selama 5 tahun kedepannya," demikian Daang.