Pemkab Gunung Mas kembali raih opini WTP

id WTP,bupati gumas,BPK Kalteng

Pemkab Gunung Mas kembali raih opini WTP

Bupati Arton S Dohong saat menerima predikat WTP dari Kepala BPK RI Kalteng, Ade Iwan Rusnawa disaksikan Ketua DPRD Gumas,H Gumer, di Aula BPK RI Kalteng pada Rabu (30/5/18) . (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pegecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Kalteng atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2017.

Opini WTP ini diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng, Ade Iwan Ruswana dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK dalam acara seremonial yang juga dihadiri oleh beberapa daerah, dilaksanakan di Aula BPK RI Perwailan Kalteng pada Rabu (30/5/18). 

"Hasil ini, adalah WTP ketiga yang diperoleh Pemkab Gumas pada LHP Tahun 2012, LHP 2016, dan LHP Tahun Anggaran 2017," kata Bupati Gumas, Arton S Dohong.

Ia menyampaikan, LHP adalah perwujudan dari transparansi dan akuntabilitas keuangan pemerintah berdasarkan Pasal 2 UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara.

Disamping itu, lanjut dia, pihaknya secara kontinyu melakukan tindak lanjut terhadap temuan BPK sebagai upaya melakukan perbaikan terhadap kelemahan yang ada untuk mempertahankan dan meningkatkan opini atas LHP keuangan pemerintah daerah.

"Masing-masing pemerintah daerah, dari tahun ke tahun terus melakukan perbaikan laporan keuangannya untuk memenuhi standar pengelolaan keuangan yang baik,sebagaimana arahan yang telah diberikan oleh BPK," ucapnya mewakili daerah lain yang juga meraih opini WTP.

Dalam kesempatan ini, ia menyatakan seluruh pemerintah daerah berkomitmen semaksimal mungkin untuk meningkatkan penyajian kewajaran informasi keuangan dalam laporan keuangan yang sesuai dengan standar.

"Yakni, sesuai standar akuntansi pemerintah, efektifitas sistem pengendalian intern, ketaatan pada peraturan perundang-undangan serta pengungkapan yang cukup," tandasnya.

Ia menambahkan, khusus Pemkab Gumas yang dua kali beruntun meraih predikat WTP. Tentunya, merupakan kerja keras semua pihak. Ia juga mengibaratkan predikat WTP itu sebagai kado peringatan Hari Jadi ke-16 yang jatuh pada bulan Juni mendatang.

"Tentunya, kita bersyukur dapat mempertahankan kembali predikat WTP itu. Namun, jangan lengah untuk tetapempertahankannya," demikian Arton S Dohong.