KPU Gumas mulai sortir surat suara Pilkada

id KPU gumas, pilkada gumas, sortir suara

KPU Gumas mulai sortir surat suara Pilkada

Komisioner KPU Gumas Yusaka Teddy dan Komisioner Panwaslu Gumas Katriana, memberikan pengarahannya sebelum staf dan honorer intern mulai melakukan sortir suara di Kantor KPU setempat, Kamis (30/5) pagi. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mulai melakukan sortir surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gumas yang dilaksanakan pada 27 Juni mendatang.

"Sortir surat suara ini dilaksanakan selama satu minggu, dimulai pada Kamis (30/5) hingga 5 Juni mendatang. Tercatat ada 80.375 lembar surat suara yang disortir," ucap Komisioner KPU Divisi Teknis dan Penyelenggara Yusaka Teddy kepada Antara Kalteng, Kamis (31/5/18).

Ia mengatakan, dalam pelaksanaannya sortir ini melibatkan 20 orang intern KPU yang terdiri dari para staf dan tenaga honorer. Proses sortir meliputi pemilahan dan pelipatan surat suara pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gumas, yang langsung dipantau oleh Komisioner KPU, Panitia Pengawas (Panwas), dan Polres Gumas.

"Satu per satu surat suara kita cek, kemudian dilipat dan dikumpulkan dalam box yang sudah disediakan. Ini kita lakukan agar pada saat pencoblosan nanti, tidak ditemukan lagi surat suara yang rusak atau tidak sesuai,” katanya.

Menurutnya, nantinya apabila ada kekurangan surat suara dari hasil penyortiran tersebut, maka KPU akan langsung bermohon ke pihak penyedia jasa untuk kembali mencetak sesuai dengan jumlah kekurangan itu.

"Perlu ketelitian dalam proses penyortiran secara baik untuk menghindari adanya surat suara yang rusak dan cacat, sehingga pada saat dibawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah dalam kondisi baik," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah proses sortir, langkah selanjutnya KPU akan mengelola logistik lain seperti mencetak formulir, dan mempersiapkan kelengkapan TPS, sembari menunggu kedatangan logistik lainnya yang dikirim oleh pihak penyedia jasa.

"Kita berharap seluruh tahapan yang dilaksanakan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," demikian Yusaka Teddy.