Tim gabungan sidak toko modern di Palangka Raya, ini temuannya

id disperindag palangka raya, makanan kedaluwarsa

Tim gabungan sidak toko modern di Palangka Raya, ini temuannya

Tim gabungan saat melakukan sidak produk pangan di salah satu toko modern di Kota Palangka Raya, Kamis (31/5/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah bersama tim gabungan menemukan sejumlah produk kedaluwarsa masih dijajakan di etalase toko modern di kota setempat saat inspeksi mendadak produk pangan yang beredar.

"Masih terdapat barang kadaluwarsa, kemasan rusak dan PIRT yang tidak sesuai serta ada juga kemasan ulang produk pangan yang tidak ada izin edarnya. Jumlahnya ada belasan jenis produk pangan," kata Kadisperindag Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban, di Palangka Raya, Kamis.

Dia menerangkan temuan produk pangan yang tak layak edar tersebut didapati saat pihaknya bersama pihak terkait saat melakukan pemantauan penjualan produk pangan yang dijajakan di sejumlah gerai modern di Kota Palangka Raya.

Meski demikian, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Palangka Raya ini enggan menyebut secara rinci di mana lokasi temuan produk tak layak edar tersebut ditemukan.

"Yang pasti lokus giat hari ini berada di beberapa retail modern di Palangka Raya. Yang kami sidak hari ini Azkamart, Indomaret, Alfamart semuanya di jalan Rajawali km 5 dan Sendy`s di Jalan Tjilik Riwut," tuturnya.

Sementara itu tim gabungan tersebut terdiri dari tim Polda Kalteng, pihak Polres Palangka Raya, Dinkes provinsi dan kota, BPOM Kalteng, Disperindag provinsi dan kota, serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Kota Palangka Raya.

Produk temuan tersebut selanjutnya dilakukan pendataan dan dilakukan pemusnahan yang disaksikan pemilik atau penggelola toko modern.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam memenuhi keperluannya. Apalagi semakin mendekati Idul Fitri semakin banyak masyarakat yang berbelanja," ujarnya.

Pihaknya pun meminta para pengelola toko modern semakin selektif dalam menjajakan berbagai produk yang dimiliki sehingga tidak merugikan masyarakat selaku konsumen.

Masyarakat pun diminta semakin selektif dan menjadi konsumen cerdas dengan selalu melihat kondisi kemasan, tanggal kedaluwarsa serta melihat cantuman kode produksi pada kemasan.