Kreatif, BUMDes Kotim sediakan beras kemasan zakat fitrah

id BUMDes Kotim sediakan beras kemasan zakat fitrah,Beras,Zakat Fitrah

Kreatif, BUMDes Kotim sediakan beras kemasan zakat fitrah

Plt Camat Mentaya Hilir Selatan Muhammad Huzaifah turun langsung membantu memasarkan beras kemasan khusus zakat fitrah, Sabtu (2/6/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, menyediakan beras kemasan khusus untuk zakat fitrah seberat 2,5 kilogram.

"Kami ingin membantu masyarakat supaya lebih mudah untuk membayar zakat fitrah. Tinggal membeli beras yang kami produksi karena beratnya sesuai aturan untuk zakat fitrah. Di sisi lain, ini juga peluang pasar," kata Pelaksana Tugas Camat Mentaya Hilir Selatan, Muhammad Huzaifah di Sampit, Sabtu.

Beras khusus kemasan zakat fitrah yang diberi merek Kelapa Muda itu diproduksi oleh BUMDes Bersama Samuda Mandiri. Saat ini beras kemasan itu mulai dipasarkan secara luas kepada masyarakat.

Ada dua jenis beras yang diproduksi yaitu jenis beras siam dan beras pulen, sehingga masyarakat bisa memilih sesuai selera. Harga jualnya ditetapkan sama yaitu Rp32.500 per sak dan bisa langsung diantar jika pesanan dalam jumlah banyak.

Menurut Huzaifah, selama ini masyarakat yang hendak membayar zakat fitrah, harus menimbang sendiri jika ingin berzakat dengan berat sesuai aturan yakni 2,5 kilogram. Bahkan tidak jarang yang akhirnya memilih menggantinya dalam bentuk uang seharga beras tersebut.

Huzaifah berharap, masyarakat bisa lebih mudah membayar zakat fitrah dengan tersedianya beras kemasan khusus zakat fitrah. Beras kemasan zakat fitrah ini juga lebih praktis bagi masyarakat yang ingin membayarkan zakat untuk anggota keluarga dalam jumlah banyak.

Sambutan masyarakat cukup bagus. Baru beberapa hari diperkenalkan, saat ini sudah banyak warga yang memesan, di antaranya pesanan beberapa kelompok masyarakat.

"Ini saya sedang diperjalanan untuk menyiapkan ada 150 bungkus pesanan warga. Alhamdulillah tanggapan masyarakat cukup bagus. Selain di Samuda, kami juga memasarkan hingga ke Sampit," kata Huzaifah.

Manfaat lain pemasaran beras kemasan khusus zakat fitrah ini adalah memperluas promosi dan pemasaran beras kemasan produksi BUMDes setempat. Harapannya agar makin banyak masyarakat yang membeli beras produksi BUMDes lokal.

Huzaifah mengajak masyarakat untuk membeli dan mengonsumsi beras lokal. Selain kualitasnya juga bagus, dengan membeli beras lokal maka berarti turut mendukung peningkatan kesejahteraan petani lokal dan ikut menggerakkan perekonomian masyarakat.