Perlu adanya perhatian Pemkab Seruyan untuk kembangkan produk lokal

id produk lokal,pemkab seruyan,DPRD Seruyan, Anggota DPRD Seruyan, Arita,kembangkan produk lokal

Perlu adanya perhatian Pemkab Seruyan untuk kembangkan produk lokal

Ilustrasi, Produk lokal kas Kalimantan. (Istimewa)

Dengan adanya perhatian dari pemerintah, kita berharap pengembangan produk unggulan dapat benar-benar diwujudka
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah diminta terus menggali dan mengembangkan produk lokal untuk dijadikan produk unggulan wilayah tersebut.

"Kita mengharapkan Pemkab Seruyan agar mengembangkan produk khas lokal agar bisa dikembangkan menjadi produk unggulan," kata Anggota DPRD Seruyan, Arita di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, pengembangan produk lokal sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring".

Kemudian, pengembangan berbagai produk unggulan itu dapat dilakukan mulai dari tingkat desa atau kecamatan, karena rata-rata setiap desa atau kecamatan di Seruyan memiliki potensi yang berbeda-berbeda.

"Kalau di sejumlah desa tumbuh dan berkembang sentra usaha bagi masyarakat, maka secara otomatis akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di masing-masing desa yang bersangkutan," katanya.

Menurutnya, untuk mengembangkan produk unggulan, maka Pemkab Seruyan melalui instansi terkait harus melakukan pembinaan atau bimbingan terhadap masyarakat desa agar dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Selain melakukan pembinaan, Pemkab juga punya tanggungjawab untuk membantu masyarakat desa agar terus berkembang menghasilkan produk unggulan dengan bantuan modal serta akses pemasaran.

"Dengan adanya perhatian dari pemerintah, kita berharap pengembangan produk unggulan dapat benar-benar diwujudkan," katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Seruyan, Haryono mengatakan, pihaknya melalui instansi terkait terus berupaya mengembangkan berbagai produk atau komoditas unggulan menyesuaikan dengan potensi wilayah.

"Berdasarkan pemetaan potensi, Seruyan dapat dibagi menjadi tiga wilayah," katanya.

Untuk bagian selatan yang mencakup Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur, potensi yang paling berkembang adalah pertanian, terutama padi dan pisang kepok. Selebihnya adalah potensi perikanan tangkap dan tambak.

Di wilayah tengah yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Seruyan Raya, Danau Seluluk, Asam Baru, dan Batu Ampar, lebih didominasi dengan banyaknya kebun kelapa sawit.

Sedangkan bagian utara yang mencakup Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun, lebih banyak terdapat perkebunan karet, rotan serta kopi.

"Pembagian wilayah sesuai potensi ini dapat menjadi gambaran atau awal dari rencana pengembangan berbagai komoditas unggulan di Seruyan," katanya.