Valentino Rossi start terdepan di MotoGP Italia

id valentino rossi,motoGP italia

Valentino Rossi (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Scarperia, Italia (Antara/Reuters) - Pebalap Yamaha Valentino Rossi menggembirakan penonton tuan rumah di Grand Prix Italia pada Sabtu setelah sukses meraih posisi start terdepan (pole position) MotoGP pertamanya sejak 2016 dalam usia 39 tahun.

Juara dunia sembilan kali itu merayakan pole position ke-55 di kategori teratas dengan catatan rekor lap satu menit 46,188 detik di salah satu trek favoritnya, Mugello, di utara Florence.

Pebalap Spanyol Jorge Lorenzo, mantan rekan setim Rossi, berada di urutan kedua tercepat untuk Ducati dengan putaran 0,035 detik lebih lambat.

Rekan tim Spanyol Rossi Maverick Vinales menyelesaikan finis di barisan depan, dengan pemuncak kejuaraan Marc Marquez menempati posisi keenam untuk Honda.

Empat pebalap Italia memenuhi syarat di tujuh teratas dengan Andrea Iannone di posisi keempat untuk Suzuki, Danilo Petrucci kelima pada rekan satu tim Pramac Ducati dan Lorenzo Andrea Dovizioso, pemenang tahun lalu di Mugello, di posisi ketujuh.

Pole position Rossi ini, yang pertama sejak GP Jepang pada Oktober 2016, hadir di akhir sesi yang membuat rekam jejaknya berulang kali terpecahkan.

Pebalap Italia, yang bisa menjadi pebalap pertama yang mencetak 5.000 poin sepanjang karir di MotoGP pada Minggu dengan penghitungan saat ini sudah mencapai 4.989, menang di Mugello selama tujuh tahun berturut-turut antara 2002 dan 2008.

Sementara itu Marquez masih mengungguli Vinales dengan 36 poin di klasemen.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar