Badan Siber pantau telpon-medsos masyarakat itu berita hoax

id BSSN, berita hoax,berita bohong

Badan Siber pantau telpon-medsos masyarakat itu berita hoax

Ilustrasi anti hoax (ANTARA News/Handry Musa/2017)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menegaskan tugasnya tidak memantau aktivitas telepon seluler serta konten media sosial masyarakat, melainkan menangani keamanan siber dan jaringan.

"Saya konfirmasi lagi bahwa berita BSSN memantau telpon dan medsos tersebut adalah hoaks, tidak benar," ujar Juru Bicara BSSN Anton Setiawan melalui pesan singkatnya di Jakarta, Sabtu.

Anton Setiawan mengingatkan masyarakat agar tidak mempercayai berita palsu mengenai bidang kerja BSSN.

BSSN menyaring dan memilah macam bahaya dan sifatnya untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan institusi yang berwenang lainnya.

BSSN menghindari duplikasi dengan semua unsur yang mempunyai kemampuan siber agar saling mengisi dan membantu.

Keamanan siber yang menjadi tugas BSSN antara lain menjaga supaya tidak ada ancaman yang menjadi kenyataan di alam siber, seperti dari hacker.

Senada, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza mengatakan Kominfo pun tidak melakukan pengecekan telepon seluler masyarakat, melainkan melakukan penyaringan konten-konten yang tidak sesuai dengan undang-undang untuk diblokir.

Misalnya setelah terjadi aksi teror pada minggu kedua Mei 2018, Kominfo meningkatkan frekuensi penyaringan konten radikal yang hingga 30 Mei 2018 lebih dari 4000 konten telah diblokir dari 20.000 yang terjaring.