Parcel Lebaran mulai marak dijajakan

id parcel, oarcel lebaran,disperindag palangka raya

Parcel Lebaran mulai marak dijajakan

Deretan parcel di salah satu toko di Kota Palangka Raya, Minggu. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Para pedagang yang ada di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mulai marak menjajakan parcel Lebaran 2018 dengan berbagai varian isi dan ukuran.

"Sejak awal pekan kedua puasa iniu, kami mulai menjual parcel. Meski belum terlalu banyak pembeli, beberapa orang sudah ada yang memesan secara khusus," kata Renita, salah satu penjaga toko modern di Palangka Raya, Minggu.

Parcel yang dijual di toko di Jalan A Yani ini terdiri dari beberapa varian isi, yang umumnya berupa bahan pangan untuk kebutuhan Lebaran seperti sirup, kue kering dan aneka makanan ringan, serta diselingi perlatan makan.

"Secara khusus kita juga menyediakan paket parcel berupa peralatan saji seperti gelas, cangkir, teko toples. Selain itu kita juga menyediakan paket campuran yang berupa aneka makanan ringan dan alat sajinya," kata wanita berkacamata itu.

Berdasarkan pantauan, harga yang ditawarkan setiap paket parcel di masing-masing toko memiliki harga bervariasi mulai dari harga terendah Rp150 ribu hingga harga Rp2 juta lebih.

"Harga parcel ini bervariasi tergantung dari banyaknya isi paket dan produk yang dikemas. Jika hanya makanan ringan pasti harganya lebih murah, namun jika isinya peralatan saji akan lebih mahal," kata Yuanita penjaga toko di swalayan lainnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya setidaknya telah menyiapkan puluhan paket parcel dengan berbagai ukuran dengan isi paket yang bervariasi.

"Kami sengaja menjual parcel dengan isi dan harga yang berbeda-beda sehingga nantinya pelanggan bisa membeli sesuai keperluan dan dana yang dimiliki. Selain itu, jika pelanggan ingin memesan parcel dengan isi yang ditentukan sendiri kami juga melayani," katanya.

Wanita yang di sama Nita pun memperkirakan bahwa permintaan parcel akan mencapai puncaknya antara H-7 hingga H-3 menjelang Lebaran.

"Biasanya permintaan pelanggan akan mencapai puncaknya saat mendekati Lebaran. Menurut mereka ini dilakukan untuk memastikan bahwa parcel dalam keadaan baik saat diberikan," katanya.

Sementara terkait parcel ini pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Palangka Raya meminta masyarakat jeli dan teliti sebelum membeli agar isi sesuai.

"Masyarakat agar teliti sebelum membeli parcel. Jangan sampai produk pangan di dalam parcel kedaluwarsa atau terdapat cacat pada produk dalam parcel," kata Kadisperindag Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban.