Puskesmas dan rumah sakit Kotim tetap buka saat libur Lebaran

id Puskesmas dan rumah sakit Kotim tetap buka saat libur lebaran,RSUD Murjani Sampit,Dinas Kesehatan,Faisal Novendra Cahyanto

Puskesmas dan rumah sakit Kotim tetap buka saat libur Lebaran

RSUD dr Murjani Sampit dab puskesmas di Kotim tetap dibuka memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur lebaran nanti. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan tengah, memastikan pelayanan kesehatan tetap dibuka saat libur panjang lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Kami sudah berkoordinasi, khususnya puskesmas yang berada di jalur mudik. Selama libur lebaran, mereka tetap buka seperti biasa, kecuali saat tanggal merah libur nasional. Jika ada pasien darurat, bisa langsung dirujuk ke rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Selasa.

Cuti bersama lebaran tahun ini memang lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Cuti bersama dimulai tanggal 11 hingga 20 Juni mendatang atau selama 10 hari.

Puskesmas di jalur mudik tetap memberikan pelayanan seperti biasa saat libur lebaran, bahkan disiagakan 1x24 jam. Yakni Puskesmas di Desa Pundu, Cempaka Mulia, Kotabesi, Bagendang, Samuda, Ujung Pandaran dan Sebabi. Puskesmas-puskesmas tersebut berada di tiga jalur utama menuju perbatasan kabupaten lain.

"Kami juga berkoordinasi membuat pos kesehatan di pelabuhan dan terminal. Kami berharap bisa tetap memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal," tambahnya.

Kepala Puskesmas Baamang Unit II, dr Yunita Ristianti mengatakan tempat kerjanya merupakan puskesmas perawatan. Karena itu pihaknya selalu siaga dan siap memberikan pelayanan, meski saat libur lebaran nanti.

"Kami selalu siap. Masyarakat tidak perlu ragu datang ke puskesmas jika membutuhkan pelayanan kesehatah," ujar.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr Murjani Sampit, dr Yudha Herlambang. Tidak hanya instalasi gawat darurat, poli rawat jalan pun tetap dibuka seperti biasa selama libur lebaran.

"Kami sudah mengatur jadwal jaga dokternya, termasuk dokter spesialis. Kalau pun ada yang cuti, pelayanan tetap berjalan karena ada dokter spesialis lainnya yang siaga di rumah sakit," lanjutnya.

RSUD dr Murjani Sampit siap melayani rawat jalan dan rawat inap seperti biasa dengan kapasitas tersedia 265 tempat tidur. Saat libur lebaran nanti, pelayanan berjalan seperti biasa, bahkan manajemen pun tetap masuk bekerja, kecuali saat libur nasional atau tanggal merah.

Saat lebaran sebelumnya, pelayanan RSUD dr Murjani Sampit menjadi sorotan karena banyak dokter, khususnya dokter spesialis yang cuti bersamaan sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak optimal.

Yudha meyakinkan kejadian itu sudah diantisipasi agar tidak terulang dengan mengatur jadwal cuti dokter secara bergantian sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik.