Dishub Barut lakukan pengecekan angkutan Lebaran

id dishub barut,satlantas,pengecekan angkutan,lebaran

Dishub Barut lakukan pengecekan angkutan Lebaran

Sejumlah petugas Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Barito Utara melakukan pemeriksaan bis guna persiapan angkutan Lebaran di terminal Pasar PBB Muara Teweh, Senin. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, bersama Satuan Lalu Lintas Polres setempat melakukan pengecekan kelayakan angkutan umum dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Pemeriksaan kelengkapan dan lainnya ini terus dilakukan agar angkutan transportasi bisa layak digunakan untuk angkutan Lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara, Iwan Fikri, di Muara Teweh, Selasa.

Pengecekan sejumlah kendaraan bermotor khususnya roda empat dan lebih ini dilakukan di Terminal Bus Pasar Bebas Banjir (PBB) Muara Teweh dan angkutan taksi travel sebanyak sepuluh unit.

Menurut Iwan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan angkutan umum di antaranya pemeriksaan dokumen registrasi dan identifikasi ranmor seperti SIM, STNK dan TNKB, tanda uji lulus bagi pengendara, dan surat izin.

"Petugas juga memeriksa kelengkapan bus dan memeriksa apakah ada alat tabung pemadam kebakaran, alat pemecah kaca, pintu darurat, lampu, rem, ban, dan lain-lainya," katanya.

Iwan mengatakan dari hasil pemeriksaan itu, semua angkutan masih dalam ambang batas laik jalan dan kondisi mesin masih baik. Namun ada dua unit mobil yang surat uji kir-nya belum diperpanjang sehingga pemilik angkutan umum tersebut diminta melengkapi surat pengujian tersebut.

"Kami akan kembali melakukan pemeriksaan hingga angkutan umum memenuhi sarat teknis dan laik jalan untuk angkutan Lebaran ini ," kata dia.

Dinas Perhubungan Barito Utara menjamin dalam arus mudik dan balik untuk angkutan darat melalui Terminal Bus PBB Muara Teweh semua akan terangkut.

Selain itu juga disiapkan angkutan sungai melalui Sungai Barito dengan tujuan sejumlah kota kabupaten terdekat dan kecamatan.

"Kami harapkan ara arus mudik tahun ini semua lancar tanpa ada kendala," ujar Iwan Fikri.