Arus mudik, posko layanan kesehatan di Palangka Raya beroperasi 24 jam

id Dinkes Palangka Raya,arus mudik, Plt Kadinkes Kota Palangka Raya, Andjar Hari P,Dinkes Palangka Raya siapkan empat posko lebaran, Posko layanan keseha

Arus mudik, posko layanan kesehatan di Palangka Raya beroperasi 24 jam

Plt Kadinkes Kota Palangka Raya, Andjar Hari P. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan empat posko siaga selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Posko tersebut ialah di UGD Puskesmas Tangkiling, UGD RSUD Kota Palangka Raya, UGD Pahandut dan satunya di posko Bundaran Besar bergabung dengan posko gabungan. Posko dimulai H-7 hingga H+7 Lebaran," kata Plt Kadinkes Kota Palangka Raya, Andjar Hari P di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan, posko di UGD Kalampangan akan fokus menangani kesehatan pemudik dari Kota Palangka Raya yang melintasi jalur Jalan Tjilik Riwut.

Kemudian UGD RSUD akan fokus menangani pemudik dari Kota Palangka Raya menuju Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas serta pemudik yang menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selanjutnya posko di UGD Puskesmas Pahandut fokus menangani warga yang masih di dalam kota. Sementara Posko di Bundaran Besar sifatnya keliling dan siap menjemput warga yang memerlukan layanan kesehatan.

Ia mengatakan, posko layanan kesehatan tersebut akan beroperasi selama 24 jam dalam sehari dan siap memberikan pertolongan kapan pun dan untuk siapa pun.

Petugas kesehatan yang disiagakan pada posko ini terdiri dokter, perawat dan sopir untuk layanan keliling.

Namun, lanjut dia pada prinsipnya seluruh tenaga kesehatan di semua sarana pelayanan kami selalu siaga dan siap untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Dia menyebutkan di posko pelayanan kesehatan kesehatan ini, pihaknya hanya akan memberikan pelayanan gawat darurat saja seperti penanganan kecelakaan secara mendadak dan lain sebagainya.

Sementara itu pelayanan kesehatan lainnya yang tidak bisa diatasi di Posko Pelayanan, seperti kecelakaan parah dan membutuhkan penanganan yang secara intensif maka akan diarahkan ke sarana kesehatan terdekat.

Pihaknya pun berharap agar mudik Lebaran tahun ini dapat berlangsung lancar tanpa mengalami hambatan apa pun, sehingga seluruh masyarakat yang mudik dapat berlebaran di kampung halamannya.

"Kami mengimbau para pemudik untuk selalu menjaga kesehatan selama mudik. Jangan paksakan diri pulang kampung jika kondisi padan tidak siap," katanya.