TNI siap tangkal terorisme di Kalteng, kata Danrem

id danrem panju panjung, korem panju panjung, kolonel infantri harnoto

TNI siap tangkal terorisme di Kalteng, kata Danrem

Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Inf Harnoto saat acara berbuka dengan insan pers Kalteng di Palangka Raya, Sabtu (9/6/19). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Komandan Korem 102 Panju Panjung (102/Pjg) Kolonel Inf Harnoto mengatakan bahwa pihaknya siap menangkal berbagai aksi terorisme terutama di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Secara resmi Batalyon Antang sejak April kemarin sudah jadi satuan Rider menjadi Yonif Rider 631 Antang yang mana para prajuritnya punya kualifikasi mengatasi berbagai gangguan keamanan termasuk ancaman teroris," kata Kolonel Inf Harnoto di Palangka Raya, Sabtu.

Jadi, lanjut dia, tidak perlu disanksikan apabila ada aksi teroris, maka prajurit TNI siap turun dan mampu mengatasi praktik tindakan melanggar hukum tersebut.

Pihaknya pun siap mendukung Polri dalam upaya antisipasi maupun menangani aksi terorisme jika terjadi di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" ini.

"Namun demikian mari kita bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada untuk mengantisipasi dan berdoa agar Kalteng tetap aman dan kondusif. Jika aman kita juga nyaman dan tenang dalam beraktivitas," katanya.

Selain itu, lanjut dia, jajaran Korem 102/Pjg juga siap mendukung Polda Kalteng dalam upaya pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 serta pengaman pilkada 2018 dan pemilu 2019.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai acara berbuka bersama dengan insan pers Kalimantan Tengah yang di laksanakan di Kota Palangka Raya.

"Melalui acara ini kami berharap komunikasi, sinergitas dan kolaborasi serta kerja sama antara jajaran TNI dan insan pers terus meningkat demi terwujudnya pembangunan dan kemajuan daerah," katanya.

Dia pun berharap agar setiap pemberitaan dapat dilakukan berimbang dan berdasar data dan fakta serta profesionalisme sesuai tugas masing-masing.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran pejabat Korem 102/Pjg, Dandim 1016 Palangka Raya serta wartawan dari berbagai media dan organisasi jurnalis yang ada di Kalimantan Tengah.