Terminal khusus bongkar muat dibutuhkan Kotim

id dprd kotim, terminal bongkar muat, terminal khusus

Ilustrasi - Seorang buruh angkut memuat rotan ke dalam kontainer di terminal khusus bongkar muat di Kendari, Sultra. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Supriadi menilai kabupaten setempat membutuhkan terminal khusus bongkar muat barang.

"Terminal khusus bongkar muat tersebut untuk mempermudah pengawasan keluar masuknya barang," katanya di Sampit, Sabtu.

Menurut Supriadi, yang jelas terminal khusus tersebut juga untuk mempersempit ruang gerak peredaran barang ilegal dan mencegah masuknya barang terlarang seperti narkoba.

"Kita harus memperketat pengawasan untuk mengantisipasi masuknya kembali barang terlarang seperti narkoba ke wilayah kita," katanya.

Supriadi mengatakan, sebenarnya tidak hanya pengawasannya saja yang perlu ditingkatkan pasca penyitaan 3,7 juta butir pil zenith pada Desember 2017 lalu, harusnya pemerintah kabupaten juga bisa memberikan solusi untuk mempekecil ruang gerak terhadap masuknya barang ilegal kedalam daerah, dengan menyiapkan lahan khusus untuk tempat aktifitas bongkar muat barang.

Dijelaskannya, selama ini untuk akfitas bongkar muat barang yang masuk melalui pelabuhan sampit, bisa dilakukan dimana saja oleh supir truk, bahkan tidak jarang terlihat disudut-sudut kota ada truk barang yang melakukan kegiatan bongkar muat dipinggir jalan.

"Artinya sudah seharusnya menjadi solusi penting kiranya pemerintah daerah kedepan bisa menyiapkan lahan khusus untuk aktifitas bongkar muat, sehingga masuknya barang kedalam daerah bisa terpantau dan rutin diawasi," ucapnya.

Ketua DPD Golkar Kotawaringin Timur ini juga mengatakan, penyediaan tempat khusus untuk kegiatan aktifitas bongkar muat barang tersebut juga kedepannya akan mendatangkan keutungan sendiri bagi daerah, karena dari situ akan ada retrebusi yang masuk dan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Selain mempermudah pengawasan tetapi juga mendatangkan keutungan untuk daerah, kemudian juga salah satu langkah tepat untuk mencegah peredaran narkoba yang masuk kedalam daerah," ungkapnya.

Supriadi berharap pemerintah daerah bisa segera merealisasikan pembangunan terminal khusus bongkar muat barang, sebab sangat banyak manfaatnya bagi daerah.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar