Polres Lamandau dan Bartim Optimalkan pelayanan jelang lebaran

id Polres Lamandau,Polres Bartim,arus mudik kalteng,Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama,Kapolres Barito Timur, AKBP Wahid Kurniawan

Polres Lamandau dan Bartim Optimalkan pelayanan jelang lebaran

Kapolres Lamandau AKBP, Andika K Wiratama, berikan himbauan kepada penumpang kendaraan angkutan umum, di Lamandau, Selasa (12/6/18). (Foto humas Polres Lamandau)

Saya harapkan rekan-rekan selalu menggunakan body vest dan helm saat melaksanakan jaga, dan selalu tingkatkan kewaspadaan
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepolisian di Kabupaten Lamandau bersama Dinas Perhubungan serta personil TNI setempat, mengecek secara terperinci kondisi dan kelayakan serta dokumen seluruh kendaraan yang melintas di sepanjang jalan trans Kalimantan, di Kecamatan Sematu Jaya, Selasa.

Pemeriksaan kendaraan secara terperinci ini merupakan upaya mengantisipasi sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas saat melakukan mudik lebaran, kata Kapolres Lamandau, AKBP Andika K Wiratama, usai memimpin kegiatan tersebut, di Kecamatan Sematu Jaya.

"Kita periksa kelayakan kendaraan, seperti mesin, sistem pengereman, roda dan lainnya. Ini kita lakukan untuk memastikan kendaraan tersebut benar-benar layak untuk mengangkut penumpang," tambahnya.

Selain memeriksa kondisi dan kelayakan serta dokumen kendaraan, para supir roda dua maupun empat serta lainnya juga diwajibkan mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urine. Hal ini bertujuan agar pengendara dalam kondisi bugar dan tidak dibawah pengaruh obat-obatan maupun narkoba.

Dia mengatakan dari pemeriksaan yang telah dilakukan kepada 52 orang pengemudi kendaraan, hasil tes urinenya semua negatif, atau tidak mengandung narkoba. Hanya, ada sekitar tujuh kendaraan yang harus di tilang.

"Kita juga memberikan imbauan kepada pengendara untuk tetap mematuhi rambu lalulintas,  dan kepada penumpang agar selalu mengingatkan para supir saat mengendarai kendaraan tidak ugal-ugalan," kata Andika.

Sementara di tempat terpisah, Kapolres Barito Timur, AKBP Wahid Kurniawan, didampingi Kabagsumda, Kasat Intel, Kasatsatsabhara, Kasi Propam dan lainnya, melakukan pengecekan Pos Pengamanan Operasi Ketupat Telabang 2018.

Pengecekan pos pengamanan yang berada di tiga tempat yaitu dua Pos pengamanan di Bundara Ampah Kecamatan Dusun Tengah, Pasar Tumanggung Djaya Karti serta satu Pos Pelayanan yang berada di depan Masjid Al-Harist Polres Bartim.

Kapolres berpesan agar petugas jaga agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Saya harapkan rekan-rekan selalu menggunakan body vest dan helm saat melaksanakan jaga, dan selalu tingkatkan kewaspadaan," kata Wahid.