Penumpang bus Damri melonjak di Seruyan

id arus mudik, seruyan,bus damri,Penumpang bus damri melonjak di Seruyan

Penumpang bus Damri melonjak di Seruyan

Armada Bus Damri (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Jumlah penumpang bus Perusahaan Umum (Perum) Damri di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengalami peningkatan menjelang hari Idul Fitri 1439 Hijriah.

Peningkatan jumlah penumpang itu terjadi untuk tujuan Kuala Pembuang-Sampit-Palangka Raya, kata Agen Bus Damri Kuala Pembuang Ahim di Kuala Pembuang, Selasa.

"Sudah beberapa hari ini jumlah penumpang meningkat, jika biasanya penumpang tidak sampai 20 orang, maka kali ini sedikitnya sekitar 27 orang mengisi penuh tempat duduk yang tersedia," katanya.

Ia menjelaskan, peningkatan penumpang ini biasa terjadi saat libur sekolah serta menjelang Ramadhan dan Idul Fitri sehingga banyak warga Kuala Pembuang yang pergi ke luar kota.

"Musim libur sekolah dan Ramadhan, biasanya memang banyak warga Kuala Pembuang yang pergi ke luar kota, entah itu untuk berbelanja persiapan Ramadhan dan Idul Fitri atau kepentingan untuk mengunjungi keluarga," katanya.

Menurutnya, melonjaknya jumlah penumpang karena pelayanan Damri dianggap lebih baik serta tarif Damri juga dirasakan penumpang lebih murah daripada tarif jasa angkutan lainnya.

"Kalau tiket travel dari Kuala Pembuang-Sampit sekitar Rp85 ribu sampai Rp90 ribu, sedangkan tiket Damri hanya Rp65 ribu per orang," katanya.

Sejak kondisi jalan penghubung Kuala Pembuang-Sampit terus mengalami perbaikan, jasa angkutan bus perintis Damri memang salah pilihan alternatif bagi masyarakat Kuala Pembuang dan sekitarnya untuk bepergian ke luar kota, selain tarif lebih murah penumpang bus juga dapat membawa barang lebih banyak.

"Untuk peningkatan pelayanan sendiri, armada Damri telah menggunakan bus kelas executive, namun harganya tetap lebih murah ketimbang jasa angkutan darat lainnya yang ada di Seruyan," katanya.