Sekda Kotim inspeksi mendadak ke RSUD Murjani, begini hasilnya

id Sekda Kotim inspeksi mendadak ke RSUD Murjani begini hasilnya,Halikinnor,Yudha Herlambang,Rumah Sakit

Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor berbincang dengan perawat RSUD dr Murjani Sampit saat inspeksi mendadak, Rabu (13/6/2018). (Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor melakukan inspeksi mendadak ke RSUD dr Murjani Sampit untuk memeriksa pelayanan di rumah sakit tersebut.

"Alhamdulillah pelayanan masih normal. Kami sudah mengantisipasi, semua tetap siaga meski sedang cuti bersama Lebaran. Tidak ada yang cuti, termasuk dokter," kata Halikinnor di Sampit, Rabu.

Halikinnor datang ke rumah sakit hanya ditemani sopirnya. Dia langsung masuk ke sejumlah ruang perawatan untuk memeriksa situasi pelayanan di rumah sakit tersebut.

Dia juga menyempatkan berbincang dengan beberapa petugas kesehatan dan pasien. Halikinnor mengaku sengaja melakukan pemeriksaan untuk memastikan pelayanan di rumah sakit tersebut tetap berjalan dengan baik meski sedang masa liburan.

Pemerintah daerah memang sudah menegaskan bahwa pelayanan rumah sakit serta puskesmas di jalur mudik, tetap buka seperti biasa. Tujuannya agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tetap dilayani dengan baik.

Pelayanan rumah sakit menjadi sorotan karena saat libur Lebaran lalu sempat dikeluhkan masyarakat karena sejumlah dokter beramai-ramai cuti sehingga pelayanan terganggu. Untuk itulah Halikinnor ingin memastikan kejadian itu tidak sampai terulang.

"Sekarang ini pelayanan selalu siap, tapi mudah-mudahan tidak terjadi kejadian luar biasa. Cuti dokter setelah Lebaran, itupun diatur bergiliran. Tidak ada lagi yang ramai-ramai cuti. Kebijakan ini juga berlaku di puskesmas," tegas Halikinnor.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr Murjani Sampit, dr Yudha Herlambang, sebelumnya mengatakan, tidak hanya instalasi gawat darurat, poli rawat jalan pun tetap dibuka seperti biasa selama libur lebaran.

"Kami sudah mengatur jadwal jaga dokternya, termasuk dokter spesialis. Kalau pun ada yang cuti, pelayanan tetap berjalan karena ada dokter spesialis lainnya yang siaga di rumah sakit," kata Yudha.

RSUD dr Murjani Sampit siap melayani rawat jalan dan rawat inap seperti biasa dengan kapasitas tersedia 265 tempat tidur. Saat libur Lebaran ini, pelayanan berjalan seperti biasa, bahkan manajemen pun tetap masuk bekerja, kecuali saat libur nasional atau tanggal merah.

Cuti bersama lebaran tahun ini memang lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Cuti bersama dimulai tanggal 11 hingga 20 Juni mendatang atau selama 10 hari.

Puskesmas di jalur mudik tetap memberikan pelayanan seperti biasa saat libur Lebaran, bahkan disiagakan 1x24 jam, yakni Puskesmas di Desa Pundu, Cempaka Mulia, Kotabesi, Bagendang, Samuda, Ujung Pandaran dan Sebabi. Puskesmas-puskesmas tersebut berada di tiga jalur utama menuju perbatasan kabupaten tersebut.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar