Pemerintah Kalteng diminta segera kendalikan harga pangan

id dprd kalteng,reza fahroni,daging ayam,daging sapi

Pemerintah Kalteng diminta segera kendalikan harga pangan

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kalteng, Reza Fahroni. (koleksi pribadi Reza)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, Reza Fahroni, meminta Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota segera bertindak dan mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018.

Informasinya harga daging ayam ras maupun daging sapi di kabupaten/kota se Kalteng mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga harus ada upaya antisipasi agar tetap terkendali, kata Reza, saat dihubungi di Palangka Raya, Rabu.

"Kenaikan memang biasanya terjadi karena dipicu oleh tingginya permintaan masyarakat terhadap daging ayam dan sapi. Apalagi menjelang Idul Fitri, permintaan pasti mengalami peningkatan," ucapnya.

Berdasarkan hasil pantauan di sejumlah pasar di Kota Palangka Raya, harga daging ayam yang semula di kisaran Rp35.000 sampai Rp40.000, kini mencapai Rp60.000 per kg. Harga daging sapi yang semula Rp125.000 sampai Rp130.000 naik menjadi Rp150.000.

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku kurang mengetahui apakah semua kabupaten/kota sudah membuat harga eceran tertinggi (HET) untuk ayam dan sapi. Namun, apabila sudah ada HET dan ternyata harga daging ayam dan sapi sudah terlampaui, maka harus segera dilakukan antisipasi.

"Saya menyarankan Pemerintah di Kalteng ini rutin memantau sejumlah pasar, serta melakukan operasi pasar. Hal ini sangat diperlukan agar harga-harga tetap dapat stabil, khususnya menjelang Idul Fitri," kata Reza.