Pemudik disarankan tidak menumpang di bak mobil terbuka

id dprd palangka raya,mobil bak terbuka,sugianor

Pemudik disarankan tidak menumpang di bak mobil terbuka

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Kalteng, Sugianor menyarankan pemudik untuk tidak menumpang di bak mobil terbuka.

Kendaraan bak terbuka bukan untuk mengangkut orang, dan tidak memenuhi standar untuk keselamatan penumpang, kata Sugianor saat dihubungi dari Palangka Raya, Rabu.

Ia meminta petugas di Posko Lebaran untuk memberikan pengertian dan peringatan khusus jika mendapati pengemudi menggunakan bak terbuka untuk angkutan orang.

"Sekali lagi jangan tempatkan penumpang di bak terbuka. Jika banyak anggota keluarga dan hanya memiliki mobil jenis tersebut, lebih baik sebagian menumpang angkutan umum," kata politkus PKB ini.

Ia juga mengingatkan agar para pengendara tidak ngebut.

"Meski sejumlah jalan dari Palangka Raya menuju luar daerah tergolong sepi dan mulus, namun sebaiknya pemudik baik yang menggunakan mobil maupun motor jangan memacu kendaraan terlalu berlebihan," katanya.

Dia mengatakan jalan lengang disertai sejumlah tikungan tajam akan membuat pengendara sulit mengendalikan kendaraan yang dipacu sangat kencang.

"Justru jalan yang lengang dengan kondisi mulus itu biasanya akan dimanfaatkan pemudik untuk memacu kendaraannya dengan kecepatan yang sangat tinggi," kata Sugianor.

Sementara itu, Wakapolres Palangka Raya, Kompol M Z Rofik, juga mengimbau para pemudik untuk selalu menaati rambu dan aturan dalam berlalu lintas.

"Para pemudik juga harus memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik dan laik jalan serta tak membawa barang serta penumpang berlebihan guna memastikan keamanan selama perjalanan," katanya.