Harga ayam potong di Bartim mendadak naik jadi Rp50.000 per ekor

id harga ayam potong, ayam potong, pasar bartim, pasar tumanggung djaya karti

Harga ayam potong di Bartim mendadak naik jadi Rp50.000 per ekor

Pedagang ayam, Isur menjual ayam potong kepada pembeli di Pasar Temenggung Djaya Karti Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Bartim. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Harga ayam potong di Pasar Temanggung Djaya Karti di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mendadak naik sejak Selasa (12/6/2018).

Pedagang ayam di Pasar Temanggung Djaya Karti, Isur, Rabu mengatakan, pihaknya terpaksa menaikkan harga ayam yang sudah naik sebelumnya dijual Rp35 ribu menjadi Rp50 ribu per ekor.

"Ini karena pasokan sedikit dan harga juga naik dari distributornya," ucapnya.

Menurutnya, pada hari biasanya biasa mendapatkan ayam sekitar 80 hingga 100 ekor per hari. Menjelang Hari Raya kini hanya 40 ekor saja dan harga sudah naik dari distributornya, sehingga membuat pedagang terpaksa menaikkan harga ayam potong tersebut.

Seorang ibu rumah tangga, Devi (44), yang kerap membeli daging ayam untuk konsumsi sehari-hari mengeluhkan kenaikan harga ayam secara meroket itu yang terjadi mendekati H-2 Lebaran tahun ini.

"Biasanya harga ayam ukuran kecil Rp28 ribu. Kemarin naik jadi Rp35 ribu. Sekarang jadi Rp50 ribu," katanya.

Dari pantauan Antara Kalteng, kenaikan harga barang juga terjadi pada tomat merah yang semula dijual seharga Rp8 ribu per kg, kini menjadi Rp12 per kg.

Sementata itu harga daging sapi naik dari harga semula Rp130 ribu per kg menjadi Rp140 ribu per kg.

Sedangkan ayam kampung yang biasanya dijual Rp60 per ekor naik ikut naik mendadak menjadi Rp100 ribu per ekornya.