Bus jurusan Banjarmasin dari Terminal Buntok meningkat 50 peren

id Arus Mudik,terminal buntok,Bus jurusan Banjarmasin ,bus

Bus jurusan Banjarmasin dari Terminal Buntok meningkat 50 peren

Ilustrasi. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Buntok, Kalteng, 14/6 (Antara) - Jumlah penumpang di Terminal Buntok, Kabupaten Barito Selatan mengalami peningkatan sebesar 50 persen dalam beberapa hari terakhir.

"Biasanya bus yang diberangkatkan dari Terminal Buntok sebanyak 3 bus, dan dalam beberapa hari terakhir ini setiap hari diberangkatkan empat bus untuk jurusan Banjarmasin," kata Kasubag Tata Usaha Terminal Buntok Kota pada Dinas Perhubungan Barito Selatan, Kursani di Buntok, Kamis.

Menurut dia, jumlah penumpang dalam setiap bus jurusan Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami peningkatan sebesar 50 persen.

"Penumpang biasanya antara 10 hingga 15 orang, akan tetapi, dalam beberapa hari terakhir ini penuh yakni mencapai 25 hingga 27 orang penumpang dalam setiap kali keberangkatan satu unit bus," ujarnya.

Begitu juga, lanjut Kursani, dengan jumlah penumpang untuk jurusan Buntok menuju Palangka Raya.

Sementara untuk jumlah penumpang arus mudik di Pelabuhan Buntok, dalam seminggu terakhir ini mengalami peningkatan.

"Lonjakan jumlah penumpang tersebut, baik di Pelabuhan Pasar Lama, maupun di Pelabuhan Pasar Beringin Buntok," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dermaga Buntok pada Dinas Perhubungan Barito Selatan, Bersinar.

Ia mengatakan biasanya jumlah penumpang speedboat dalam setiap keberangkatan sebanyak 15 hingga 17 orang saja.

"Akan tetapi dalam seminggu terakhir ini jumlah penumpang satu unit speedboat penuh yakni mencapai 25 orang dalam setiap kali keberangkatan," ujar Bersinar.

Karena meningkatnya jumlah penumpang, pemilik armada untuk jurusan ke Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, maupun ke Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas menambah jumlah speedboatnya.

Demikian halnya dengan jumlah penumpang speedboat, dan kapal taksi motor pada Pelabuhan Pasar Beringin Buntok juga mengalami peningkatan dari biasanya.

Adapun jurusan speedboat, kapal taksi motor tersebut menuju ke Mangkatip, Rantau Kujang, ke Desa Batampang.

Kemudian ke Desa Talio, Desa Babai, Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, dan jurusan ke Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut).