Hari kedua Lebaran aktivitas pertokoan di Palangka Raya lengang

id lebaran hari kedua, jalan lengang,kota palangka raya

Hari kedua Lebaran aktivitas pertokoan di Palangka Raya lengang

Kawasan pertokoan di Jalan A Yani Palangka Raya pada hari kedua Lebaran 2018 masih sepi aktivitas pada Sabtu (16/6/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Memasuki hari kedua Idul Fitri 1439 Hijriah, sejumlah pertokoan yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, masih terlihat lengang dan belum terlihat keramaian aktivitas jual beli.

Alfian penjaga parkir di salah satu toko yang tetap pada hari kedua Lebaran pada Sabtu di Palangka Raya mengatakan, meski toko yang dijaganya tetap buka tetapi jumlah pengunjung tak seramai biasanya.

"Toko di sekitar sini masih sepi, pemilik meliburkan karyawannya untuk Lebaran. Informasi dari penjaga toko, pada Rabu (20/6) nanti sejumlah toko baru mulai buka kembali. Meski toko yang saya jaga parkirnya tetap buka, namun sampai saat ini belum sampai 15 pelanggan datang. Padahal di hari biasa bisa mencapai 40-50 kendaraan," kata petugas parkir di salah satu toko di Jalan A Yani itu.

Sepinya pengunjung itu juga diakui, Rahmaniar salah satu penjaga toko di Jalan Dr. Murjani yang menjajakan telpon genggam dan asesorisnya.

"Mungkin karena warga masih banyak yang di kampung atau masih dalam perjalanan makanya toko sepi pembeli. Toko sebelah yang menjual sembako, baju dan sepatu pun juga belum buka. Informasi dari teman yang menjaga toko tersebut pekan depan baru mulai buka," kata wanita 28 tahun ini.
Kawasan pertokoan di Jalan A Yani Palangka Raya pada hari kedua Lebaran 2018 masih sepi aktivitas pada Sabtu (16/6/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)


Pantauan Antara pada Sabtu, sejumlah toko yang masih belum melakukan aktivitas jual beli tersebut seperti di Jalan A Yani, Dr Murjani, Darmo Sugondo, Seth Aji, Jalan RTA Milono, kemudian Tjilik Riwut serta di Jalan Yos Sudarso.

Pada lokasi-lokasi pertokoan tersebut hanya nampak sejumlah pedagang yang tetap membuka tokonya sedangkan sebagian besar toko lainnya tak nampak ada aktivitas jual beli yang dilakukan.

Di beberapa wilayah pertokoan yang ada di "Kota Cantik" ini juga hanya terlihat beberapa pengunjung yang melakukan transaksi dan itu pun lebih pada toko penyedia bahan pangan. Bahkan beberapa toko masih terlihat pengumuman yang ditulis tangan yang menyatakan pegawai sedang libur Idul Fitri.

Di kawasan pertokoan Jalan A Yani yang biasanya terlihat padat dengan mobil truk yang sedang melakukan aktivitas bongkar muat barang, pada hari ini terlihat sepi sehingga kendaraan yang melintas pun dapat melintas tanpa tersendat.

Sementara itu, terkait pengamanan kawasan pertokoan serta objek vital lainnya yang sepi karena ditinggal libur Lebaran, sebelumnya Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul Rein Krisman Siregar menyatakan telah menyiapkan beberapa strategi pengamanan.

"Selain mendirikan posko pengamanan di lokasi yang dianggap rawan, kami juga meningkatkan intensitas patroli para anggota di lapangan," katanya.Budi Suyanto.